Teknologi

Windows 12 Dikabarkan Akan Rilis Tahun Depan

Foto: Ilustrasi seorang laki-laki menggunakan Windows 11 di laptop Sumber: unsplash.com

OS terbaru dari Microsoft, Windows 11, dirilis pada tahun 2021. Rilis Microsoft Windows 10 tahun 2016 adalah pendahulu Windows 11. Akibatnya, banyak yang percaya bahwa rilis versi Windows berikutnya akan memakan waktu cukup lama. Ternyata dunia tidak perlu menunggu selama itu. Bahkan, menurut sebuah bocoran, Microsoft bersiap merilis Windows 12, sistem operasi terbarunya, awal tahun depan.

Menurut Windows Central, rumor bahwa Windows 12 akan tiba lebih cepat dikonfirmasi untuk pertama kalinya di Twitter. Pada 25 Februari 2023, TLC, seorang aktivis Intel asal Jepang, mengaku memiliki informasi mengenai chipset dengan codename “Meteor Lake-S” (MTL-S). TLC mengklaim bahwa MTL-S akan memiliki 20 jalur PCIe Gen. 5, dengan 4 jalur penyimpanan dan 16 jalur GPU. Selain itu, ia menambahkan chipset dengan kode Z890 ini juga memiliki fitur baru 4 jalur Gen. 4, dan mendukung WiFi 7. Tweet TLC telah dihapus, tetapi salinannya telah diarsipkan.

Ryzen 7000, disebut-sebut sebagai chipset x86 pertama dengan mesin AI yang mendukung Windows Studio Effects, dirilis oleh AMD pada Januari 2023. Fitur ini mengawasi lawan bicara selama konferensi video dan sering ditemukan di produk Arm untuk unit pemrosesan saraf (NPU). Intel tidak ingin ketinggalan kompetisi. Batu loncatan yang signifikan bagi Intel adalah Meteor Lake. Meteor Lake akan memiliki kemampuan AI yang sebanding dengan AMD Ryzen 7000 dan diproduksi pada teknologi Intel 4 (7nm) dengan berbagai fitur (seperti die khusus untuk core CPU hingga grafik terintegrasi).

Untuk mengungguli M2 Apple, AMD dan Intel bersaing. Chipset yang akan tersedia pada Juni 2022 ini memiliki chip AI mandiri dengan kapasitas 15 koma 8 triliun operasi per detik. Model pembelajaran mesin yang mempercepat pengenalan ucapan, pemrosesan gambar, dan tugas lain sambil mengonsumsi lebih sedikit daya juga dapat dijalankan oleh chipset. Z890 belum diberi tanggal rilis, dan belum ada rencana untuk itu. Pengganti yang sesuai untuk chipset desktop Raptor Lake, menurut situs web China Benchlife, adalah chipset MTL-S dan “Arrow Lake”, yang diharapkan akan debut pada Q2 2024.

Baca Juga:  Microsoft PHK Karyawan Tim Pengawas Etik Artificial Intelligence

Microsoft menyebut Windows 12 sebagai “Lembah Berikutnya” sejak 2022, menurut Windows Central. Jadi, sayangnya, kami masih belum bisa melihat OS ini. Namun, Microsoft disebut telah memberikan beberapa informasi tentang Next Valley. Microsoft gagal mendemonstrasikan antarmuka pengguna (UI) dengan bilah tugas mengambang di bagian bawah, ikon sistem di pojok kanan atas, kotak pencarian di tengah atas, dan informasi cuaca di pojok kiri atas pada acara Microsoft Ignite Oktober 2022. Tampilan adalah “buah” dari konsep desain Microsoft untuk Windows 12, menurut Windows Central.

Prototipe UI Windows 12, menurut editor Windows Central Zac Bowden, terlihat lebih ramah sentuhan tanpa mengisolasi mouse dan keyboard sambil mereplikasi gaya Next Valley. Microsoft menjadikan ini sebagai tujuan utamanya untuk berbagai perangkat, termasuk PC, laptop, dan perangkat lipat. Bowden menegaskan bahwa Microsoft sejauh ini gagal mengembangkan antarmuka pengguna (UI) yang menyeimbangkan antara sentuhan dan mouse. Microsoft menghadapi kritik ketika merilis Windows 8 karena terlalu fokus pada layar sentuh sementara Windows 10 lebih berpusat pada mouse. Windows 11 hampir seimbang, tetapi masih menekankan pada mouse.

Layar login baru, pusat notifikasi, dan lainnya masih dalam berbagai tahap perencanaan. Tampilan ini, Bowden memperingatkan, masih bersifat sementara dan dapat berubah seiring kemajuan konsep Microsoft. Microsoft dan Intel juga ditanyai oleh The Verge terkait rumor TLC, namun tidak ada tanggapan yang diberikan. Microsoft, sementara itu, sudah yakin bahwa kemampuan AI Windows akan menjadi masa depannya.

Mehdi juga memberikan ilustrasi tentang bagaimana Windows 11 for Business telah diperbarui dengan rekomendasi konten yang didukung Bing dan AI di menu Mulai. Mehdi juga menyebutkan bahwa Microsoft berencana untuk mengintegrasikan Windows Snap Layouts dan Snap Assist untuk multitasking ke dalam fitur gertakan aplikasi pintar. Jika Microsoft ingin Windows menjadi lebih “AI friendly”, Microsoft perlu bekerja lebih dekat dengan Intel dan AMD pada chipset tersebut. Windows 12 yang terdaftar pertama dalam “kebocoran chipset MTL-S” mungkin karena ini.

Baca Juga:  Huawei Kena Sanksi AS Ganti 13.000 Suku Cadang Produknya

Microsoft juga mengumumkan pada tahun 2022 bahwa mereka akan beralih kembali ke siklus rilis 3 tahun. Kemungkinan Windows 12 akan debut di tahun 2024 jika Windows 11 debut di tahun 2021. Semoga bocoran ini akurat jika sudah tidak sabar menunggu Windows 12.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *