Bisnis

Usai Powell Beri Sinyal Kerek Suku Bunga The Fed Harga Emas Jadi Jatuh

Setelah Jerome Powell menyatakan bahwa Federal Reserve siap menaikkan suku bunga jika diperlukan, harga emas turun ke titik terendah dalam sepekan. Emas mengalami penurunan terbesar sejak 3 Februari hingga Selasa (7/3/2023) akhir perdagangan terlihat kenaikan dolar dan imbal hasil obligasi AS. Pasar swap sekarang memprediksi kenaikan suku bunga setengah poin daripada kenaikan seperempat poin untuk pertemuan kebijakan Fed berikutnya pada 22 Maret. Jerome Powell, ketua Federal Reserve, menyatakan jika data ekonomi positif, bank sentral AS kemungkinan akan menaikkan suku bunga lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Powell mengatakan dalam sambutan yang disiapkan di hadapan Komite Perbankan Senat pada hari Selasa bahwa “data ekonomi terbaru datang lebih kuat dari yang diharapkan, menunjukkan bahwa tingkat suku bunga akhir kemungkinan akan lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya,” menurut Bloomberg. Menurut Powell, jika totalitas data menunjukkan bahwa pengetatan yang lebih cepat diperlukan, The Fed siap untuk meningkatkan laju kenaikan suku bunga.

Permintaan yang kuat dari bank sentral telah membantu mendukung harga emas baru-baru ini, meskipun ada tekanan dari kenaikan suku bunga. Data yang dirilis pada hari Selasa mengungkapkan bahwa China meningkatkan kepemilikan emasnya selama empat bulan berturut-turut di bulan Februari karena nilai dolar turun. Selain itu, Turki baru-baru ini menjadi pembeli yang signifikan. Namun, garis tren baru menunjukkan bahwa emas kemungkinan akan lebih reaktif terhadap perubahan imbal hasil dibandingkan tahun 2022, menurut catatan dari Morgan Stanley. “Untuk tahun 2023, kami perlu mempertimbangkan faktor makro dan sisi permintaan,” kata perusahaan itu.

Menurut analis Morgan Stanley, pembelian emas bank sentral mungkin melambat, tetapi pembukaan kembali ekonomi China dapat mengakibatkan permintaan yang lebih tinggi untuk perhiasan dan teknologi. Pada pukul 15:02 di New York, tercatat emas spot turun 1,7 persen menjadi US$1.815,10 per ounce. Di Comex, harga emas untuk pengiriman April turun 10,9 persen menjadi $1.820. Kenaikan 1% terlihat di Indeks Bloomberg Dollar Spot. Pada hari Selasa, harga perak, platina, dan paladium semuanya turun.

Baca Juga:  Pekan Ini Harga Batu Bara Melonjak Naik Akibat RI Dan China Bersatu