Bisnis

Saham Amazon Mengalami Penurunan, Elon Musk Turun Posisi Ke 2 Terkaya di Dunia

Tahun 2022 yang baru saja berlalu benar-benar bukan waktu yang menyenangkan bagi orang-orang terkaya di dunia. Menurut daftar terbaru Forbes, 25 orang terkaya di dunia total kehilangan USD 200 miliar dari hartanya di tahun silam. Seperti dikutip Bengkelsastra, hal itu tercatat dalam daftar terbaru Forbes 2023 World Billionaires List.

Jumlah miliarder (dalam dolar AS) di dunia dan volume kekayaan mereka pun mengalami penurunan. Sebanyak 254 orang kehilangan status miliarder mereka tahun lalu dan 2.640 miliarder sisanya kehilangan total USD 500 miliar. Pendiri FTX Sam Bankman Fried dan Kanye West termasuk di antara mereka yang tidak lagi masuk daftar elit orang terkaya.

Terlepas dari drama Twitter dan penurunan saham Tesla, Elon Musk tidak mengalami kerugian terbesar tahun lalu. Perdikat itu jatuh ke tangan Jeff Bezos, yang kekayaan bersihnya turun USD 57 miliar atau sekitar Rp 851 triliun karena penurunan 38% harga saham Amazon pada 10 Maret. Elon Musk kehilangan ‘hanya’ USD 39 miliar, tapi turun dari posisi teratas ke peringkat 2 alias tidak lagi berstatus sebagai orang paling kaya sedunia. Kekayaannya di kisaran USD 180 miliar.

Bernard Arnault, bos konglomerasi fahion mewah LVMH, berada posisi No. 1 setelah menambahkan USD 53 miliar ke kekayaan bersihnya pada tahun 2022, sehingga membuatnya masuk daftar teratas orang terkaya untuk pertama kalinya dengan jumlah harta diestimasi USD 211 miliar. Bill Gates sang pendiri Microsoft yang dulu langganan orang terkaya, kini harus puas di posisi keenam dengan harta sekitar USD 104 miliar. Dia memang banyak memberikan uangnya untuk aksi-aksi kemanusiaan.

Baca Juga:  Ribuan Pekerja Terdampak PHK, Perusahaan Raksasa Ayam Tutup 2 Pabrik Di AS