Internasional

Putra Pejabat Rusia Yang Ditangkap AS Berhasil Kabur Dari Italia

Putra seorang pejabat senior Rusia yang ditangkap di Italia atas permintaan Amerika Serikat (AS) muncul di Rusia setelah berhasil melarikan diri dari tahanan rumah. “Saya di Rusia! Dalam beberapa hari yang sangat dramatis ini, saya memiliki orang-orang yang kuat dan dapat diandalkan di sisi saya. Saya ingin berterima kasih kepada mereka,” kata Artyom Uss, putra gubernur wilayah Siberia di Krasnoyarsk, kepada kantor berita Rusia RIA Novosti seperti dikutip dari Bengkelsastra News, Rabu (5/4/2023).

Uss menghilang pada akhir Maret lalu, sehari setelah pengadilan Italia di kota utara Milan menyetujui ekstradisinya ke AS. Otoritas Italia menangkap Uss pada 17 Oktober menyusul permintaan dari Washington, yang menuduhnya menjual teknologi AS secara ilegal ke perusahaan senjata Rusia. “Pengadilan Italia, yang saya harap tidak memihak, menunjukkan bias politik yang jelas,” kata Uss kepada RIA Novosti.

Uss adalah salah satu dari lima orang Rusia yang ditangkap atas permintaan Washington atas skema ilegal untuk mengekspor teknologi militer AS yang kuat ke Rusia. Kremlin dan ayahnya Alexander Uss mengecam penangkapan itu sebagai “politik.” Rusia juga memasukkannya ke dalam daftar orang yang dicari, berpotensi membuka jalan bagi Moskow untuk menuntut ekstradisinya.

Baca Juga:  Viral Tentara Ukraina hingga Komandan Da Vinci Tewas Dieksekusi Rusia