Internasional

Bentrokan Antar Warga Hindu Dan Muslim Saat Festival Ram Navami Di India

Massa penganut Hindu sayap kanan bentrok dengan massa muslim di sejumlah kota India saat festival keagamaan Ram Navami pada Jumat (31/3) dan akhir pekan bertepatan dengan bulan Ramadan. Kerusuhan itu mengakibatkan puluhan warga luka-luka dan sejumlah orang ditangkap.

Bentrokan skala lebih besar terjadi negara bagian Bengal Barat, Maharashtra, dan Gujarat. Bentrok dua kelompok itu juga dilaporkan terjadi di Delhi, Uttar Pradesh, dan Telangana, seperti dikutip dari the Independent.

Prosesi kelompok Hindu tersebut digelar di area sensitif yang dihuni mayoritas warga muslim di kota-kota tersebut. Kekerasan antar kelompok warga tersebut merupkan ulangan seperti bentrokan yang terjadi pada April tahun lalu saat perayaan Ram Navami padaa April. Kerusuhan berlanjut saat perayaan Hanuman Jayanti di bulan yang sama pada tahun itu.

Insiden itu berbuntut pembakaran dan penghancuran toko-toko yang teridentifikasi milik warga muslim. Bentrokan tersebut dimulai pada Jumat pekan lalu di wilayah barat kota Howrah, negara bagian Bengal Barat.

Belasan kendaraan dibakar, toko-toko dihancurkan, dan kedua kelompok melepaskan batu-batu melalui ketapel. Warga Hindu berang karena menuduh kelompok Islam melempar batu ke arah perayaan Ram Navami. Akibat bentrokan itu, 36 orang ditangkap.

“Tidak jelas apa yang memicu kekerasan dan bentrokan ini. Tampaknya ini merupakan aksi yang direncanakan oleh provokator. Tahun lalu juga area ini sempat bersitegang setelah perayaan Ram Navami, tapi tidak seluas sekarang,” kata petugas kepolisian di Kota Howrah, kepada Indian Express.

Baca Juga:  Heboh Seorang Anak Kecil Berusia 8 Tahun Tewas Setelah Ponselnya Meledak Di India