Nasional

Profil Psm Makassar Liga 1 2023–2024: Jadwal Awal, Profil Tim, Peta Kekuatan

PSM Makassar memiliki posisi pemegang gelar di Ligue 1 2023-2024. Menghadapi era baru, grup bernama Juku Eja ini tak banyak berubah. PSM Makassar bukan satu-satunya penantang Ligue 1 musim 2023-2024. Mereka bekerja kembali di Asia. Dengan kekuatan yang hampir sama, tim besutan Bernardo Tavares berpeluang mencatatkan sejarah sebagai tim yang mampu mempertahankan gelar.

Musim lalu, PSM Makassar bisa mengawali musim dengan lolos ke Final Regional Piala AFC ASEAN 2022. Setelah itu, Juku Eja mengakhiri musim sebagai juara Ligue 1 2022-23 setelah tampil tangguh sepanjang musim.

Kesuksesan musim lalu

Rekor terburuk PSM Makassar setelah menjuarai Ligue 1 2022-23 adalah rekor kekalahan mereka. Juku Spell hanya kalah tiga kali dalam satu waktu. Ini adalah pencapaian yang istimewa. Sebagai perbandingan, Bali United saat menjuarai Ligue 1 edisi 2021-2022 dan 2019 meraih juara lima dan delapan.

Persija Jakarta usai menjuarai Ligue 1 2018 tumbang dalam enam laga. Juga, Bhayangkara FC memenangkan Ligue 1 2017 dengan mencetak 10 kemenangan.

PSM Makassar memang berbeda. Dalam 34 pertandingan, selain hanya tiga kali kalah, mereka telah memenangkan 22 pertandingan dan mendapat satu poin dari sembilan pertandingan.

Koleksi 75 poin PSM Makassar dalam kemenangan Ligue 1 musim lalu juga luar biasa. Mereka unggul sembilan poin dari Persija yang berada di posisi kedua, perbedaan besar.

Jumlah gol yang mereka cetak adalah 63 atau urutan ketiga setelah Bali United (67) dan Borneo FC (64). Mereka sudah kebobolan 28 kali, satu gol lebih sedikit dari Persija (27).

Dua pemain mereka masuk tujuh besar Ligue 1 2022-2023. Mereka adalah Wiljan Pluim dan Ramadhan Sananta yang sama-sama mencetak 11 gol.

Analisis kekuatan

Reza Arya Pratama masih di PSM Makassar. Dia masih akan menjadi penantang kuat untuk posisi penjaga gawang dan bisa mengulang kerja kerasnya dari musim lalu.

Baca Juga:  Akan Jadi Ujian Berat Psm Makassar Untuk Melawan Dewa United

Di belakang, Agung Mannan meninggalkan Kike Linares dan masuk. Itu representasi yang bagus. Kike Linares juga bisa dikaitkan dengan gelandang Yuran Fernandes. Selain itu, Juku Eja masih memiliki Safrudin Tahar, Erwin Gutawa, dan seorang anak muda yang kemungkinan besar adalah Sulthan Zaky. Kita juga bisa menempatkan Yance Sayuri dan Edgar Amping di sisi kanan dan kiri pertahanan. Lini tengah PSM Makassar masih sempurna. M Arfan, Rasyid Bakri, Wiljan Pluim, Ananda Raehan dan Victor Dethan masih ada. Mereka mendapatkan tambahan gelandang baru rasa lama atas nama Rizky Pellu. Kenzo Nambu juga berperan sebagai striker. Di depan, Ramadhan Sananta hengkang namun PSM Makassar mengakuisisi pemain pinjaman Andy Harjito dari Borneo FC. Mereka pun mendatangkan Adilson Silva dan tetap menggunakan jasa Everton Nascimento.