Internasional

Presiden Amerika Serikat Sudah Setuju Dorong China Damaikan Ukraina Dan Rusia

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengklaim Presiden Amerika Serikat Joe Biden setuju untuk terus mendorong China agar lebih terlibat dalam menghentikan peperangan di Ukraina. Mengutip AFP, Macron membicarakan hal itu dengan Biden via telepon. Pembicaraan keduanya terjadi usai Macron mengunjungi China beberapa waktu lalu.

“Kedua kepala negara sepakat untuk menganggap penting untuk terus mendesak China dalam hal ini,” mengutip pernyataan resmi kantor presiden Prancis, Jumat (21/4). Dalam kesempatan berbincang dengan Biden, Macron juga telah menyampaikan hasil pertemuannya dengan Presiden China Xi Jinping.

Kala itu, Macron berbicara dengan Xi Jinping selama beberapa jam di Beijing, China. “China punya peran untuk berkontribusi dalam mengakhiri konflik sesuai dengan prinsip dan tujuan piagam PBB,” mengutip pernyataan resmi kantor presiden Prancis, Jumat (21/4). Sementara itu, seorang staf kepresidenan Prancis mengklaim Xi Jinping menunjukkan kemauannya untuk turut terlibat lebih jauh menghentikan konflik di Ukraina.

Xi Jinping, kata staf tersebut, tidak keberatan untuk melanjutkan kerja sama dengan Prancis guna mendamaikan Ukraina dan Rusia. Selanjutnya akan dibicarakan lebih jauh oleh kepala penasihat diplomatik Macron yakni Emmanuel Bonne bersama diplomat China, Wang Yi. Sebelumnya, Jerman juga sudah China agar membujuk Rusia agar menyetop perang di Ukraina. Menurutnya, hanya China yang bisa meluluhkan Rusia.

“Adalah baik bahwa China telah mengisyaratkan komitmennya untuk solusi tapi saya harus mengatakan terus terang bahwa saya bertanya-tanya mengapa posisi China sejauh ini tidak termasuk seruan pada Rusia untuk menyetop perang,” kata Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock usai bertemu Menlu China Qin Gang di Beijing pada 14 April.

Baca Juga:  Warga Turki Protes Hari Perempuan Internasional Di Istanbul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *