17.4 C
New York
Minggu, Juni 4, 2023

Iran Paksa Kapal Selam AS Muncul Ke Permukaan Yang Diam-Diam Lintasi Selat Hormuz

Angkatan laut Iran mengeklaim telah memaksa kapal selam AS untuk muncul ke permukaan saat memasuki Selat Hormuz. Hal tersebut diungkapkan komandan angkatan laut Iran Shahram Irani kepada stasiun televisi pemerintah Iran pada Kamis (20/4/2023). “Kapal selam AS mendekat saat menyelam. Akan tetapi kapal selam Iran Fateh mendeteksinya dan melakukan manuver untuk memaksanya muncul ke permukaan saat melewati Selat (Hormuz),” kata Irani.

“(Kapal selam AS) itu juga telah memasuki perairan teritorial kita, namun telah berbalik setelah diperingatkan,” sambung Irani, sebagaimana dilansir Reuters. Irani menuturkan, kapal selam AS tersebut sudah berupaya semaksimal mungkin dan menggunakan semua kemampuannya untuk melintas dengan senyap tanpa terdeteksi.

“Kami pasti akan merefleksikan kepada badan internasional fakta bahwa itu telah melanggar perbatasan kami,” ucap Irani. Awal pekan ini, Angkatan Laut AS menyatakan bahwa kapal selam bertenaga nuklir berpeluru kendali, USS Florida, dikerahkan di Timur Tengah untuk mendukung Armada Kelima.

Sejauh ini, belum ada komentar langsung dari Washington mengenai klaim Iran yang memaksa kapal selam AS untuk muncul ke permukaan. Di masa lalu, pasukan Iran dan pasukan AS beberapa kali terlibat dalam konfrontasi. Pada awal April, angkatan laut Iran mengatakan telah mengidentifikasi dan memperingatkan pesawat pengintai AS di luar mulut Teluk Persia. Pada 2019, Iran menembak jatuh pesawat tak berawak AS yang katanya terbang di atas Iran selatan.

Baca Juga:  Sebagian Besar Pekerja Menjalani Kerja Paksa, Pengusaha ASEAN Disudutkan UE

berita SERUPA

Terbaru