Teknologi

Nokia Berencana Menyelimuti Bulan Dengan Internet 4G

Tahun 2020, Nokia umumkan bahwa mereka dipilih NASA untuk membangun jaringan seluler pertama di Bulan. Hampir tiga tahun berlalu, akhirnya mereka mencari cara untuk menyelesaikan misi tersebut. Dilansir dari BGR, Jumat (31/3), Nokia berencana menyelimutkan Bulan dengan internet 4G yang dapat beroperasi pada akhir tahun ini.

Perusahaan yang berbasis di Finlandia tersebut akan mengandalkan roket SpaceX untuk mengirimkan perangkat keras yang dibutuhkan ke Bulan. Dari sisi teknis, jaringan internet akan bekerja dari pangkalan yang terpasang di pendarat bulan Nova-C. Kemudian soal pasokan listriknya, akan menggunakan penjelajah bertenaga surya yang dikembangkan oleh Lunar Outpost.

Basis jaringannya ini nantinya akan mendarat di Kawah Shackleton, wilayah Bulan yang terletak di dekat bagian sisi kutub selatan. Wilayah tersebut akan berperan sebagai area pendaratan untuk misi Artemis di masa depan, jadi masuk akal untuk mendirikan basis jaringan di dekatnya.

Tidak heran apabila Nokia ingin segara mencapai misi ini, karena sebelumnya juga sudah ada perusahaan seperti Aquarian Space yang berjanji untuk membuat Wi-Fi di Bulan dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan. Di masa depan NASA ingin membuat Bulan sebagai dasar sebagian besar eksplorasi luar angkasa. Jika Nokia dapat mengatur koneksi internet yang andal disana, hal itu akan membantu masalah komunikasi yang saat ini masih menjadi tantangan mereka.

Baca Juga:  Telkom-ITDRI Dan Huawei Rilis Interplay Smart Home+ Untuk Optimalkan Jaringan Internet