Nasional

Lebih Dari 96 Ribu Orang Kunjungi Taman Margasatwa Ragunan Saat Libur Lebaran

Lebih dari 96 ribu pengunjung yang memadati Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan (Jaksel), pada siang ini. Apakah satwa-satwa jadi stres? Pengelola Taman Margasatwa Ragunan mengungkap penanganan agar satwa tak stres akibat menghadapi ramainya pengunjung yang datang.

“Kita sudah antisipasi dengan membuat satu pembatas, pembatas antara pengunjung dan kandang. Pembatas ini untuk mengantisipasi supaya tidak ada interaksi kepada pengunjung dan satwa,” kata Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang kepada wartawan di Ragunan, Jaksel, Senin (24/4/2023). Berdasarkan data per pukul 14.00 WIB, dilaporkan ada sekitar 96 ribu orang yang mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan.

Bambang menyampaikan, pengelola mengantisipasi agar satwa tak merasa terganggu. Pihaknya pun menempatkan petugas di setiap kandang satwa guna menjaga apabila pengunjung dapat mengganggu dan mengusik satwa. “Nah ini salah satu antisipasi hewan agar tidak diganggu pengunjung. Nanti petugas kita yang akan menghalau dan mengingatkan pengunjung,” ungkapnya. Bambang menyampaikan, pihaknya tak membolehkan pengunjung untuk memberi makan satwa. Hal itu, menurutnya, merupakan antisipasi agar satwa tidak stres.

“Kita sama sekali tidak boleh pengunjung memberikan makanan kepada satwa. Salah satu beberapa alternatif cara yang kita lakukan untuk mengantisipasi hewan itu stres,” jelasnya. Sebab itu, Bambang mengatakan satwa diberikan tambahan vitamin guna mencegah satwa stres. Menurutnya, satwa TMR sudah biasa dengan keramaian hingga satwa tak akan stress.

“Selain itu, secara manajemen kesehatan, satwa-satwa diberikan makanan yang proporsional kemudian ditambahkan vitamin. Vitamin adalah salah satu cara untuk mencegah terjadi stres kepada satwa. Terus yang jelas hewannya sudah biasa dengan keramaian, aman,” ujarnya.

Baca Juga:  Kepala BMKG Ungkap Potensi Banjir Rob Di Sejumlah Wilayah RI Saat Lebaran