Internasional

Kualifikasi F1 GP Austria: Asa Leclerc Menyentuh Tanah Di Verstappen?

Max Verstappen mengakhiri harapan Charles Leclerc untuk mengamankan pole position pada GP F1 Austria pada Jumat (30/6/2023) setelah unggul 0,048 detik. Rekan setimnya di Red Bull, Sergio Perez gagal lolos ke Q3 untuk keempat kalinya. Di bawah langit mendung dan angin kencang dibandingkan dengan acara Jumat lalu, banyak pebalap melintasi Red Bull Ring untuk adu penalti.

Verstappen memimpin ketiga tikungan setelah putaran pertama di Q3, sementara Leclerc tertinggal 0,206 detik dari juara dunia Ferrari. Pada putaran kedua dan terakhir Q3, juara bertahan F1 memimpin tim dan mampu meningkatkan waktu terbaik pribadinya dengan 14,391 detik.

Di lini belakang, Leclerc meningkatkan permainannya ke rekan setimnya Carlos Sainz, mencatat waktu tercepat di lini tengah saat dia mendorong keras Verstappen untuk merebut posisi terdepan. Pembalap Ferrari itu melakukan kesalahan yang disengaja di tikungan terakhir Q3 terakhirnya, mengemudi sangat dekat ke tikungan kanan. Ketika dia melakukannya, tangan kirinya malah keluar. Leclerc berlari ke garis depan dan mendapati dirinya dikalahkan oleh keselamatan GP Verstappen kurang dari 0,1 detik.

Lando Norris mengikuti Sainz dengan satu-satunya mobil McLaren yang dimodifikasi, dengan Lewis Hamilton kelima di belakang Mercedes. Kemudian, Lance Stroll datang, yang mendukung rekan setimnya Fernando Alonso lolos untuk kedua kalinya musim ini, meski harus pulih dari kesalahan di awal Q3 di penghujung final.

Nico Hulkenberg finis kedelapan untuk Haas di depan Pierre Gasly dan Alex Albon, yang melewatkan waktu tercepat di Q3. Di kualifikasi dua, masalah mulai memburuk ketika kedua pembalap Red Bull kehilangan waktu pembukaannya dengan melewati batas di tikungan terakhir.

Meski Verstappen mampu melanjutkan percobaan keduanya, Perez kehilangan yang kedua, kali ini maju di dekat tikungan terakhir, melebar dari tikungan terakhir. Dia naik ke posisi kedua sebelum perhentian terakhir di bagian tengah, tetapi jatuh lagi saat memasuki Tikungan 10.

Baca Juga:  Dalam Kualifikasi F1 Austria 2023 yang dramatis, Max Verstappen memenangkan posisi terdepan

Itu membuatnya tanpa waktu yang representatif dan berada di urutan ke-15, bergabung dengan George Russell, Esteban Ocon, Oscar Piastri dan Valtteri Bottas. Waktu terbaik Russell datang di lap terakhir, tetapi dia mundur, sementara Ocon tampaknya juga mendapatkan posisi awal dengan masuk ke lap terakhir di lap terakhirnya.

Bottas juga melewatkan lap yang seharusnya membuatnya di depan Piastri berkat kesalahan Perez dan Ocon. Q1 dipersingkat sepertiga dari jalan dengan 18 menit berlalu ketika Bottas kehilangan bagian belakang mobilnya setelah putaran lambat Perez di tikungan pertama.

Saat bagian belakang kiri Bottas menyentuh cincin kuning besar di pintu keluar bukit kanan, Alfa Romeo berbalik dan berbalik, tiba di halte kanan dengan bagian depannya masih di trek dan yang lainnya di rerumputan di dalam. . Karena Bottas awalnya berjuang untuk menemukan posisi netral dan balapan lagi, sesi dihentikan selama enam menit, selama itu dia bisa berbalik dan kembali ke pit.

Saat aksi dilanjutkan di babak pembuka, dorongan kedua terakhir Bottas berhasil melumpuhkan Yuki Tsunoda di posisi ke-16. Zhou Guanyu kemudian menetapkan yang terbaik pribadinya di Alfa lagi, tetapi itu tidak cukup untuk menyelamatkannya dari eliminasi di urutan ke-17, seperti yang dilakukan debutan Williams Logan Sargeant, yang menyesal pergi terlalu jauh di bagian terakhir tikungan terakhirnya. .

Kevin Magnussen turun ke urutan ke-19 setelah mengeluhkan masalah perpindahan gigi di Tikungan 3, dengan Nyck de Vries tertinggal – pembalap lain yang mencatat waktu tercepat di lap terakhir Q1.