Teknologi

Google Mengurangi Jatah Cemilan Gratis Untuk Karyawan

Google terus mengetatkan ikat pinggang di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentukan. Salah satunya dengan mengurangi jatah cemilan gratis untuk karyawan di kantor. Chief Financial Officer Google Ruth Porat mengirimkan memo kepada karyawan yang isinya pemberitahuan bahwa Google akan mengurangi beberapa fasilitas gratis di kantor, termasuk dapur kecil yang menyediakan cemilan gratis seperti sereal, kopi, dan air soda.

Mengikuti sistem kerja hybrid, kafe, dapur, dan fasilitas lainnya akan dibuka sesuai dengan kebutuhan kantor. Misalnya dapur akan ditutup jika hanya ada sedikit orang di kantor yang menggunakannya. Karyawan Google juga tidak bisa lagi upgrade perangkat kerja pribadi seperti laptop sesering dahulu.

“Karena peralatan adalah pengeluaran yang signifikan untuk perusahaan seukuran kami, kami akan bisa menghemat cukup banyak di sini,” tulis Porat dalam memonya, seperti dikutip dari Gizmodo, Minggu (2/4/2023). Google juga akan menyesuaikan jadwal kelas olahraga dan kendaraan antara jemput sesuai dengan penggunaannya. Porat menambahkan Google akan mengurangi kecepatan rekrutmen karyawan dan mengalokasikan ulang tim ke proyek yang lebih diprioritaskan.

Raksasa mesin pencari itu juga akan memaksimalkan server dan pusat data yang sudah ada mengingat infrastruktur merupakan investasi terbesarnya. Google juga akan mencari cara yang lebih efisien untuk melatih model kecerdasan buatannya (AI). Karyawan Google sudah sejak lama bisa menikmati fasilitas gratis seperti laundry, pijat, makan siang gratis, hingga fasilitas olahraga.

Namun beberapa fasilitas ini mulai dikurangi untuk menghemat pengeluaran perusahaan di tengah kondisi ekonomi global yang tidak menentu. Google juga belum lama ini memangkas 12.000 karyawan sebagai bagian dari penghematan perusahaan. CEO Google Sundar Pichai mengatakan PHK ini membantu perusahaan untuk mengarahkan talenta dan sumber dayanya ke proyek prioritas, termasuk kecerdasan buatan (AI).

Baca Juga:  Samsung Sedang Merencanakan Untuk Mengganti Google Dengan Bing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *