Berita Utama

Dinas Kesehatan Kota Denpasar Inisiasi Sosialisasi Vaksinasi Demam Berdarah Dengue (DBD)

bengkelsastra.com – Dinas Kesehatan Kota Denpasar sedang mempersiapkan sebuah program sosialisasi yang bertujuan untuk mengimplementasikan vaksinasi demam berdarah dengue (DBD). Vaksinasi ini diarahkan untuk mengurangi penyebaran penyakit yang ditransmisikan oleh nyamuk Aedes aegypti.

Persiapan Sosialisasi Vaksinasi DBD

Anak Agung Ayu Agung Candrawati, Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, menyatakan bahwa telah diterima instruksi dari Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Bali untuk menjalankan sosialisasi mengenai vaksin DBD. “Kami akan segera membahas secara detail mengenai teknis pelaksanaan vaksinasi,” ujarnya pada Kamis (6/6/2024).

Validasi dan Rekomendasi Vaksin

Vaksin DBD yang akan dipergunakan telah mendapat dukungan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan telah resmi mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Candrawati juga mengungkapkan rencana untuk bertemu dengan perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Bali dan pemerintah pusat untuk membahas aspek regulasi dari vaksinasi. Diskusi ini juga akan melibatkan IDAI serta organisasi profesional lainnya untuk mengevaluasi efektivitas vaksin.

Durasi Perlindungan dan Akses Vaksin

Menurut informasi yang diperoleh, vaksinasi DBD dapat memberikan perlindungan hingga lima tahun. Meskipun program vaksinasi DBD belum secara resmi diluncurkan oleh pemerintah, beberapa rumah sakit swasta di Denpasar telah menyediakan vaksin ini. Vaksin diberikan dalam dua dosis, dengan interval pemberian kedua adalah tiga bulan setelah dosis pertama.

“Vaksinasi ini bersifat sukarela dan biayanya ditanggung oleh mereka yang memilih untuk divaksinasi,” tambah Candrawati. Vaksin ini tersedia untuk individu berusia 6 hingga 45 tahun.

Harapan Dari Vaksinasi

Diharapkan, inisiatif vaksinasi ini dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi jumlah kasus DBD di Denpasar, yang mencatatkan 862 kasus dari Januari hingga Mei 2024, dengan enam korban meninggal dunia.

Baca Juga:  Satpol PP DKI Jakarta Klarifikasi Pemberlakuan Denda untuk Penemuan Jentik Nyamuk

Jenis Vaksin DBD

Sementara jenis vaksin DBD yang akan digunakan belum diumumkan secara resmi, salah satu yang sudah tersedia di Indonesia adalah vaksin tetravalent dengue (TDV). Vaksin ini mengandung virus dengue yang telah dilemahkan, yang dirancang untuk merangsang sistem imun tubuh dalam memproduksi antibodi.

Dengan sosialisasi dan implementasi yang tepat, Dinas Kesehatan Kota Denpasar berharap dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan dan pengendalian DBD.