Teknologi

Apple Mengumumkan Jadwal WWDC Pada Juni 2023

Apple baru saja mengumumkan jadwal Worldwide Developers Conference (WWDC) untuk tahun 2023. Event developer tahunan ini akan diselenggarakan pada 5-9 Juni 2023. WWDC 2023 masih akan diselenggarakan secara online dan akan disiarkan secara langsung di situs resmi Apple. Namun seperti tahun lalu akan ada ‘special experience’ di Apple Park pada 5 Juni untuk developer dan siswa.

Apple tidak mengungkap produk baru apa saja yang akan debut di acara ini. Namun Vice President of Worldwide Developer Relations Apple Susan Prescott mengatakan WWDC tahun ini akan menjadi yang paling besar dan paling seru. Biasanya Apple memanfaatkan event WWDC untuk membagikan informasi terkait sistem operasi generasi selanjutnya. Jadi dapat dipastikan akan ada update terkait iOS 17, macOS 14, watchOS 10, dan lain-lain.

Selain itu tidak mengejutkan jika Apple mengumumkan perangkat Mac baru di WWDC 2023. Kemungkinan perangkat seperti Mac dengan chip Apple M3, atau bahkan Mac Pro dengan Apple Silicon, akan debut di event ini. Ada juga rumor bahwa Apple akan meluncurkan MacBook Air berukuran 15 inch. Mengingat Apple meluncurkan MacBook Air 13 inch baru tahun lalu, cukup masuk akal jika mereka mengumumkan versi 15 inch tahun ini.

Namun perangkat yang paling ditunggu-tunggu adalah headset mixed reality (MR) pertama dari Apple. Peluncuran perangkat ini sempat beberapa kali ditunda, dan rumor terbaru menyebutkan headset MR Apple akan meluncur di ajang WWDC 2023. Poster undangan yang dibagikan Apple sendiri tidak memberikan banyak informasi terkait event atau produk yang akan dipamerkan. Namun jika dilihat sekilas, lengkungan di poster itu mirip seperti lensa headset.

Headset MR Apple, yang mungkin bernama Reality Pro atau Reality One, diyakini akan menjadi perangkat terpisah dengan chip M2, dua display 4K, body tracking yang canggih, dan input tanpa kontroler. Perangkat ini kemungkinan akan menyasar kaum profesional, dengan harga yang dirumorkan sebesar USD 3.000 atau sekitar Rp 45 juta. Demikian dilansir dari Gizmodo, Kamis (30/3/2023).

Baca Juga:  Ukraina Pakai Drone Dari Kardus Sebagai Solusi Murah Hadapi Rusia