Teknologi

Apple Akan Segera Rilis MacBook Air 15 Dan Mac Pro Di WWDC 2023

Tanggal 29 Maret lalu, Apple resmi mengumumkan jadwal gelaran World Wide Developer Conference 2023 atau yang kerap disebut WWDC 23. WWDC 23 akan digelar pada hari Senin, 5 Juni 2023 untuk meluncurkan versi baru dari sistem operasi iOS, macOS, watchOS, dan tvOS.

Selain mengumumkan sistem operasi versi baru, Apple juga kemungkinan akan mengumumkan hardware baru. Berdasarkan rumor yang telah beredar sejak akhir tahun lalu, Apple kemungkinan akan mengumumkan 2 seri Mac baru. Dilansir dari MacRumors, Apple kemungkinan akan meluncurkan MacBook Air 15 dan Mac Pro Apple Silicon.

Mac Pro Apple Silicon

Mac Pro adalah satu-satunya seri Mac yang belum beralih ke chipset Apple Silicon. Namun hal tersebut tak akan berlangsung lama karena Apple dikabarkan mempersiapkan peluncuran Mac Pro generasi baru dengan dukungan chipset Apple Silicon terkencang.

Macrumors memprediksi bahwa Mac Pro baru akan meluncur di tahun 2023 dengan desain rangka baha tahan karat dan housing alumunium yang memungkinkan pengguna untuk mengakses komponen interior dengan lebih mudah.

Analis produk Apple, Mark Gurman menyebutkan bahwa kekuatan chipset Apple Silicon Mac Pro akan memiliki kekuatan setidaknya 2x hingga 4x lipat dari chip M2 Max. Chipset M2 Max sendiri belum meluncur, tapi chipset tersebut digadang-gadang menjadi Apple Silicon terkuat di perangkat Mac. Dan chipset Mac Pro diprediksi 4x lebih kuat dibandingkan M2 Max.

Mac Pro diprediksi akan menampilkan chips Apple Silicon baru yang lebih kuat yakni M2 Ultra dan M2 Extreme. Kedua variasi tersebut akan mengemas CPU dan GPU dalam jumlah banyak. Chip M2 Ultra akan dibekali 24-core CPU yang disandingkan dengan 76-core GPU. Sedangkan Chip M2 Extreme akan ditenagai oleh 48-core CPU dan 152-core GPU.

Baca Juga:  Huawei Mate X3 Dijadwalkan Hadir Bersama P60

Jika prediksi Mark Gurman ini benar, Mac Pro Apple Silicon akan menjadi komputer terkuat Apple. Ini juga akan menjadi pembaruan pertama lini Mac Pro sejak tahun 2019 di mana Apple meluncurkan Mac Pro 201 dengan chipset Intel Xeon up-to 28-core.

Macbook Air 15

Menurut laporan terbaru dari analis layar Ross Young, MacBook Air 15 inci saat ini telah memasuki masa tahap produksi. Young mengkonfirmasi MacBook Air 15 inci masih dalam jalur untuk rilis di musim semi. “MacBook Air 15 inci memulai produksi panel bulan ini. Kami menngharapkan peluncuran awal April 2023,” tulisnya.

Mark Gurman dari Bloomberg juga mengungkapkan bahwa MacBook Air 15 inci kemungkinan akan meluncur pada 2023. Senada dengan Ross Young, Gurman memprediksi MacBook Air 15 inci akan meluncur pada musim Semi 2023 atau sekitar bulan Maret hingga Mei.

Jika prediksi Ross Young dan Gurman benar, ada kemungkinan bahwa MacBook Air 15 akan meluncur di WWDC 23. Untuk desainnya, kemungkinan MacBook Air 15 inci akan mengusung desain dari MacBook Air M2 yang pastinya kamu kenal saat ini.

Kita sepertinya akan melihat notch pada bagian layar MacBook Air 15 inci. Selain itu, laptop ini akan menggunakan MagSafe dan juga bodi yang lebih kotak dan mirip MacBook Pro. CPU yang digunakan juga kemungkinan besar akan menggunakan Apple M2 atau mungkin Apple M2 Pro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *