Teknologi

Sejumlah Robot AI Asal Rusia Dengan Kemampuan Luar Biasa

Sejumlah negara berlomba-lomba dalam membuat robot yang memiliki kecerdasan buatan (AI). Rusia adalah salah satu negara yang membuatnya. Robot AI milik Rusia dapat mencari orang tenggelam, melakukan pelayanan masyarakat hingga mengirim paket.

Berikut Deretan Robot AI Canggih yang Dimiliki Rusia

1. Robot Selamatkan Korban Tenggelam Robot pencarian dan penyelamatan (SAR) Aurora mempunyai kecerdasan buatan. Robot ini mampu menemukan orang yang tenggelam serta dapat berubah menjadi rakit penyelamat. Menurut Direktur Eksekutif Radar MMS Ivan Antseev, robot ini mempunyai fitur AI dan neurotechnology. Hal tersebut memungkinkan untuk mencari orang yang tenggelam dengan penglihatan teknisnya. Memasukkan neurotechnology dan data khusus ke dalam AI, membuat robot ini dapat membedakan orang dari puing-puing di dalam air.

2. Robot Pelayanan Masyarakat Kiki merupakan robotan buatan Rusia yang dapat melakukan percakapan hingga meniru gerakan manusia. Robot ini mempunyai 17 derajat kebebasan (sambungan yang dapat digerakkan), serta menawarkan berbagai ekspresi wajah hingga gerak tubuh. Selain bisa memutar leher serta badan, robot Kiki juga dapat beraksi terhadap sentuhan pada area tubuhnya yang sensitif. Robot Kiki dapat melakukan pemesanan, menerima pembayaran hingga berkomunikasi dengan manusia.

3. Robot Pemadam Ledakan Gas serta Minyak Robot hidrolis berat ROIN RTP-M adalah buatan Intekhros, Rusia. Robot ini dirancang untuk memadamkan ledakan gas dan minyak. Diketahui, robot dapat memadamkan api pada jarak 1,5 kilometer. Hal tersebut tentu dapat menjauhkan manusia dari zona bahaya.

4. Agrobot Agrobot adalah sistem autopilot yang bisa menjalankan tugas pertanian. Robot ini dapat mengolah lahan di daerah terpencil dengan iklim yang keras. Agrobot dapat beroperasi pada malam hari dan di tengah asap atau kabut. Robot pintar tanpa adanya campur tangan manusia ini dapat membuat pekerjaaan menjadi lebih terarah serta cepat selesai.

Baca Juga:  OPPO Pad Air Turun Harga Jadi Sejuta, Dengan Chipset Snapdragon 680

5. Robot Pengirim Paket Raksasa teknologi Rusia, Yandex, bekerja sama dengan layanan pos Rusia milik pemerintah menggunakan robot pengirim paket. Yandex serta Russian Post mengatakan 36 robot dikirim dari 27 kantor pos di beberapa distrik di Rusia sebagai bagian dari proyek percontohan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *