Internasional

Topan Freddy Mengakibat Banyak Korban Tewas Bertambah Di Mozambik

Korban tewas badai topan Freddy yang menerjang Mozambik terus bertambah. Kini korban tewas menjadi 63 orang. Dilansir AFP, Kamis (16/3/2023) menurut data yang di keluarkan badan penanggulangan bencana di negara tersebut, sebagian besar kematian tercatat di provinsi timur laut Zambezia, yang bertetangga dengan Malawi.

“Dalam Topan Freddy gelombang kedua ini, provinsi Zambezia adalah yang paling terkena dampak. Sayangnya kami harus melaporkan sejauh ini 53 kematian di provinsi ini,” kata Presiden Filipe Nyusi dalam pidato nasional yang disiarkan televisi setelah mengunjungi Zambezia. Badai itu sebelumnya telah merenggut 10 nyawa selama serangan pertamanya bulan lalu.

Nyusi meminta bantuan dari pihak lokal dan internasional. Ia menyebut perlu sumber daya keuangan untuk kembali memulihkan infrastruktur yang hancur. “Mozambik sangat perlu memobilisasi sumber daya keuangan untuk memulihkan infrastruktur yang hancur”, kata Nyusi yang meminta bantuan lokal dan internasional.

Lebih dari 49.000 orang telah mengungsi, sementara sekitar 280 orang terluka selama Topan Freddy kembali ke negara pesisir yang kaya gas tetapi miskin itu. Setelah menyapu Mozambik, topan Freddy menerjang Malawi yang terkurung daratan Senin pagi menewaskan sedikitnya 255 orang di sana.

Baca Juga:  Pertempuran Upaya Kudeta Di Sudan, Menyebabkan Puluhan Nyawa Melayang