Bisnis

Suzuki Merilis Mobil Baru Saudaranya Karimun, Dengan Kabin Yang Lega dan Praktis

Punya wajah mirip Suzuki Karimun, mobil baru harga Rp 150 jutaan ini punya kabin lega meski dimensinya kompak. Mobil baru tersebut adalah Suzuki Spacia beredar di pasar Jepang yang diperuntukan sebagai mobil keluarga praktis. Dilihat dari tampilannya, Suzuki Spacia punya fascia yang mirip Karimun Wagon R yang sama-sama punya bentuk mengotak.

Perbedaan paling ketara baru terlihat dari bagian samping Spacia yang sedikit lebih panjang dan punya pintu geser. Secara keseluruhan, eksterior Suzuki Spacia berbentuk boxy seperti kebanyakan mobil keluarga di Jepang, tapi punya detail imut yang bikin tampilannya timeless alias tidak lekang dimakan zaman.

Akses masuk ke interiornya tergolong praktis, khususnya untuk penumpang yang sudah dibekali pintu geser sehingga tidak terlalu memakan banyak ruang. Sesuai dengan namanya, kabin Suzuki Spacia (namanya diambil dari kata ‘space’ yang artinya ruang), kelihatan super lapang. Di bagian depan, posisi tuas transmisi berada di dasbor sehingga kursi pengemudi dan penumpang kelihatan menyatu.

Sementara di bagian belakang, leg room dan head room juga tergolong sangat ruas, bisa dibilang ini salah satu keuntungan mobil yang bodinya boxy. Untuk spesifikasi, Suzuki Spacia tergolong dalam kategori Kei Car, maka dari itu dibekali mesin 3-silinder 658 cc DOHC 12 katup VVT. Mesin tersebut diklaim punya tenaga 51,2 dk 6.500 rpm dengan torsi puncak 60 Nm di 4.000 rpm

Oiya, mobil ini sudah berteknologi hybrid, mesin bahan bakar tersebut dikombinasikan dengan motor listrik bertenaga setara 3 dk dan torsi 50 Nm. Untuk penyalur tenaga menggunakan transmisi CVT dan punya pilihan penggerak 4 roda (4WD) dan penggerak depan (2WD).

Kombinasi tersebut membuat efisiensi Suzuki Spacia tergolong tinggi, denggan menggunakan metode WLTC, konsumsi BBM-nya berada di angka 22,2 km/liter untuk versi 2WD, sementara tipe 4WD berada di angka 20,2 km/liter.

Baca Juga:  Suzuki Meluncurkan Motor Baru Dengan Gaya Retro Ala Kei Car Jepang

Fitur keselamatannya tergolong komplet, rem ABS + EBD dan airbag 6 titik sudah menjadi standar di semua varian. Sementara untuk tipe menengah dan paling atas, dilengkapi dengan sistem keselamatan canggih bernama Suzuki Safety Support yang terdiri dari 11 jenis peringatan dan bantuan mengemudi.

Soal harga, varian termurah Suzuki Spacia berada di angka 1.312.300 Yen atau setara Rp 153 jutaan (1 Yen = Rp 116,63 per 18 Maret 2023). Sementara untuk yang termahal dihargai 1.656.600 Yen atau setara Rp 193,2 jutaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *