Bisnis

Suzuki Meluncurkan Motor Baru Dengan Gaya Retro Ala Kei Car Jepang

Meluncur motor baru Suzuki SUI 125 yang dipasarkan di Taiwan. Penamaan motor baru ini bukan terinspirasi dari selebrasi ikonik milik pesepak bola Cristiano Ronaldo yang disebut Siuu!. Sebab SUI ternyata merupakan singkatan dari Suzuki Urban Icon.

Meski dijual di Taiwan, Suzuki SUI 125 rupanya terinspirasi dari Kei Car yang dikenal sebagai mobil irit BBM yang beredar di Jepang. Berdasarkan situs resmi suzukimotor.com.tw, Suzuki SUI 125 hadir sebagai skutik mungil dengan desain ala Kei Car yang populer di Negeri Matahari Terbit.

Karena itu motor baru ini, memilki tampang imut dan simpel dengan dimensi compact serta memiliki desain lekukan bodi mengotak. Fascia ala Kei Car ini diwujudkan dalam bentuk bodi depan dan lamu sein yang mirip grille mobil buatan Jepang. Bodi depannya ini dibuat menyatu dengan spakbor depan yang juga mengotak.

Kemudian bagian batoknya ikut dibuat mengotak mirip headlamp Vespa PX 150, sehingga tampangnya jadi terkesan retro. Bergeser ke bagian bodi samping hingga buritannya, didesain selaras dengan bodi depannya dan berpadu dengan stoplamp serta lampu sein full LED berbentuk persegi panjang.

Sementara di bagian belakang jok yang mampu dinaiki dua orang, tersemat behel yang mempermanis tampilannya. Bagasi Suzuki SUI 125 juga tergolong luas karena mampu menampung satu helm open face dan beberapa barang kecil lainnya.

Di bagian dasbornya, terdapat lubang tangki BBM yang berdampingan lubang kunci kontaknya. Untuk spesifikasinya, Suzuki SUI 125 mengusung mesin 124 cc injeksi berpendingin udara yang peradu dengan penggerak CVT.

Mesin tersebut tergolong cukup irit dengan klaim 55,4 kilometer per liter. Dapur pacu dengan rasio kompresi 10,3:1 ini diklaim dapat mengeularkan tenaga 8,84 ps pada 7.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 9,6 Nm pada 6.000 rpm.

Baca Juga:  Usai Powell Beri Sinyal Kerek Suku Bunga The Fed Harga Emas Jadi Jatuh

Bagian kaki-kakinya, terdapat pelek cast wheel 10 inci yang dibalut ban depan-belakang berukuran 100/90-10. Bicara fiturnya, Suzuki SUI 125 sudah dilengkapi rem depan cakram, sokbreker belakang ganda, ruang kaki lega dengan panjang 400 mm dan lebar 260 mm, hingga lampu full LED.

Sebagai pilihan, Suzuki SUI 125 memiliki lima opsi warna yakni Fondant Tangerine, Sherbet Blue, Parmesan White, Grey Sea Salt, dan Gooseberry Black. Soal harga, Suzuki SUI 125 dibanderol 56.700 Taiwan Dollar (TWD) atau setara Rp 28.469.969 (kurs 1 TWD = Rp 506,2). Hadirnya SUI 125 kini menambah lini produk skutik retro Suzuki Taiwan yang sebelumnya sudah memiliki Suzuki Saluto 125.