Teknologi

Spesifikasi NVIDIA Shield Android TV Box Dengan CPU Octa Core 64 Bit

Perhelatan GDC (Game Developers Conference) memang menjadi ajang yang tepat bagi sejumlah perusahaan untuk mengumumkan produk gaming terbaru mereka, tidak terkecuali NVIDIA. Pada GDC 2015 lalu, NVIDIA memperkenalkan produk terbaru mereka yaitu SHIELD. Setelah sebelumnya hadir dalam bentuk handheld game console (SHIELD Portable) dan tablet (SHIELD Tablet), SHIELD hadir dalam bentuk set top box, dengan sistem operasi Android TV.

SHIELD ditenagai SoC generasi terbaru dari NVIDIA yaitu TEGRA X1. Di dalam SoC tersebut telah ditanamkan CPU octa core 64-bit yang terdiri dari 4 core Cortex A57 dan 4 core Cortex-A53. Sementara itu GPU yang digunakan berbasiskan arsitektur Maxwell dengan 256 CUDA Cores. Tidak ketinggalan NVIDIA SHIELD dilengkapi RAM sebesar 3 GB dan memori internal sebesar 16 GB. Untunglah NVIDIA SHIELD tetap dilengkapi slot microSD dengan dukungan kapasitas hingga 128 GB dan dua port USB 3.0 sehingga pengguna dapat menambah perangkat storage tambahan.

SHIELD juga menyediakan sejumlah konektor lainnya seperti Gigabit Ethernet, micro USB 2.0, dan IR receiver (compatible with Logitech Harmony). Untuk konektivitas nirkabel, SHIELD menyediakan 802.11ac 2×2 MIMO 2.4 GHz & 5 GHz Wi-Fi beserta Bluetooth 4.1/BLE. SHIELD siap menyulap perangkat display (monitor, televisi, proyektor) apapun menjadi saran hiburan dengan konten berlimpah. Sebut saja menonton video/film, melakukan streaming video, mendengarkan musik, atau menjelajah dunia maya. SHIELD sendiri mampu menjalankan video dengan format H.265 dan VP9 pada resolusi Ultra HD/4K dengan 60 fps dan mampu menghasilkan keluaran suara dengan konfigurasi hingga 7.1-channel.

SHIELD mendukung perangkat displat dengan resolusi hingga Ultra HD/4K (3840 x 2160 piksel) dan refresh rate 60 Hz dengan menggunakan konektivitas HDMI 2.0. SHIELD juga dilengkapi sebuah remote control dengan konektivitas Bluetooth. Sebagai perangkat hiburan, tentu saja kemampuan SHIELD tidak sampai disitu saja. Seperti dua saudara tertuanya, SHIELD siap memainkan game berbasiskan platform Android, tidak terkecuali game yang dirancang khusus untuk perangkat SHIELD.

Baca Juga:  Sebuah Taksi Terbang Akan Segera Resmi Beroperasi Tahun Depan Di Amerika Serikat

Tidak tanggung-tanggung, NVIDIA telah mempersiapkan lebih dari 50 judul game, dan akan terus bertambah, untuk dimainkan pada SHIELD. Can it run Crysis? Yak, NVIDIA memang tidak main-main dalam memilih judul game terkenal untuk dimainkan pada produk terbaru mereka. Sejumlah game terkenal akhirnya mendapatkan porting ke platform Android. Sebut saja Borderlands The Pre-Sequel, DOOM 3 BFG, Resident Evil 5, Metal Gear Rising: Revengeance, dan satu yang tidak diduga, CRYSIS 3.

Empat judul game di atas menjadi demo kemampuan SHIELD dalam menjalankan sejumlah judul game terkenal. Sejumlah game tersebut sanggup dijalankan pada frame rate berkisar di 30 fps seperti pada Crysis 3 dan Borderland The Pre-Sequel. Sementara itu untuk DOOM 3: BFG berjalan di 1080p 60 fps. SHIELD akan mulai dijual pada bulan Mei mendatang dan dipatok pada kisaran harga $199 atau sekitar 2,6 juta rupiah dan dipaketkan dengan sebuah gamepad.