-1.5 C
New York
Minggu, Februari 25, 2024

Skuad Persib Juara Isl 2014 Tersisih

Pelatih Persib Bandung Luis Milla gagal menghadapi Achmad Jufriyanto dalam laga uji coba melawan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (25/6/2023). Milla juga tidak memasukkan Achmad Jufriyanto dalam lineup. Achmad Jufriyanto atau biasa disapa Jupe merupakan salah satu pemain andalan Persib. Jupe menjadi satu-satunya pemain yang tersisa di Tim Persib setelah menjuarai ISL 2014. Pada musim 2022/2023, Wirawan dan Jupe memimpin perjuangan membawa Persib kembali ke kompetisi. Saya menjadi pemain besar saat President Blue menjadi populer di tahun 2014. Namun, keduanya tak membantu Persib. Persib hanya menempati posisi ketiga musim lalu. Saya melakukan kesalahan sebelumnya saat mengantarkan Persib menjuarai ISL 2014. Musim lalu, kiper asal Bali itu hanya tampil enam kali. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk pensiun di usia 41 tahun.

Dia pensiun pada April 2023. Saat itu, nsake I Made mengalami pertandingan pahit yang tak terlupakan. Persib menang 1-4 atas lawannya Persikabo 1973 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada laga final Ligue 1 2022/2024. Setelah pensiun, saya melanjutkan perjuangannya bersama Persib untuk meraih gelar. Pekerjaannya berbeda, sekarang saya adalah asisten pelatih gawang. Ini adalah tahun ke-12 saya di Persib.

Sementara itu, Jupe masih melakukan pekerjaan yang sama. Baju itu masih terdaftar sebagai pemain. Bek Tangerang itu akan kembali melawan Persib musim ini untuk meraih kejayaan. Musim lalu, Jupe memainkan 24 pertandingan dan mencetak 1 gol. Dalam beberapa hal, Jupe masih menjadi orang kepercayaan Luis Milla. Seorang anak berusia tiga puluh enam tahun juga disebut kapten. Jupe memainkan 110 pertandingan bersama Maung Bandung, mencetak lima gol dan menciptakan dua assist. Berbeda dengan saya, Jupe berganti tim setelah membantu Persib menjuarai ISL 2014.

Baca Juga:  Menteri ESDM Mengimbau Tidak Ada Investasi Untuk Pembangunan Nikel Baru

Setahun berselang, setelah membawa Persib juara, Jupe memutuskan kembali ke Sriwijaya FC. Klub bertahan dan memenangkan kejuaraan di musim 2011/2012. Jupe tidak sendiri, bersama tiga pemain lain yang juga mantan pemain Sriwijaya FC dan bagian dari tim juara Persib, yakni Supardi, M Ridwan, dan Firman Utina. Selain I Mere yang menjadi pemain kunci membawa Persib juara saat menyelamatkan penalti Nelson Alom di final melawan Persipura. Rok adalah aksesori penting lainnya. Usai menggagalkan penalti Nelson Alom, Jupe terus menjadi pembunuh Persib. Ia tampil bagus dan menjadi penentu juara Persib. Laga terakhir melawan Persipura pada 2014 di Stadion Gelora Sriwijaya berakhir 2-2. Pertandingan berlanjut ke adu penalti. Cedera Jupe membantu Persib memenangkan gelar pada tahun 2014. Persib mengalahkan Mutiara Hitam 5-3 melalui adu penalti. Jupe kembali ke Persib pada 2017 setelah sempat membela Sriwijaya FC. Namun, setelah itu ia pindah ke Kuala Lumpur FA, sebuah klub di Malaysia. Ia hanya berada di Malaysia selama satu musim dan kembali ke Persib pada 2019.

Kembalinya Jupe dari Malaysia tidak akan membantu Persib juara lagi di 2019. Level Persib turun, yakni hanya di posisi keenam. Tahun berikutnya, ia dipinjamkan ke Bhayangkara FC, lalu kembali ke Persib hingga saat ini. Kini Jupe akan berjuang lagi agar Persib menang di bawah naungan Spanyol. Ya, era Luis Milla yang mengantarkan Persib ke aksen Spanyol, dari jajaran pelatih hingga dua pemain Spanyol, yakni Tyronne del Pino dan Alberto Rodriguez. Alberto adalah penantang Rok untuk bek terbaik, bersama dengan Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Daisuke Sato dan Rachmat Irianto.

Baju dia bisa bersaing dalam sistem pertahanan. Atau mungkin bagian dari skema pelangsingan Luis Milla. Pasalnya, Luis Milla mengaku hanya membutuhkan 22 hingga 23 pemain untuk musim depan. Sedangkan Persib saat ini memiliki 32 pemain.

Baca Juga:  Persiapan Persib Bandung Menuju Liga 1 Belum Memuaskan Luis Milla

berita SERUPA

Terbaru