Teknologi

Sekarang Mata Polisi Di Mana-Mana, Ada Ribuan Kamera Pantau Jalanan

Polisi kini punya “mata” di jalan, yakni dengan teknologi kamera ETLE atau Electronic Traffic Law Enforcement. Kabag TIK Korlantas Polri I Made Agus Prasatya mengatakan saat ETLE merupakan program dari Direktorat Lalu Lintas Polri. Lebih lanjut, ia menjelaskan saat ini sudah ada tiga jenis ETLE yang ada di jalan. Pertama ETLE statis, ETLE mobile, dan ETLE portabel.

Menurutnya sekarang sudah ada 34 Polda se-Indonesia yang menggunakan teknologi kamera ini. Berdasarkan data yang kepolisian, saat ini ada 295 ETLE statis. Selain kamera statis, ada ETLE mobile yang menggunakan handphone dan yang melekat pada mobil patroli.

“Kemudian ETLE mobile itu ada dua, yang menggunakan handphone itu ada 905 unit dan yang melekat di mobil patroli itu 63 unit,” ujarnya dalam segmen Profit di CNBC Indonesia, Senin (20/3/2023).

Beberapa waktu yang lalu di Bandung, pihak kepolisian melakukan uji coba ETLE portabel yang terintegrasi dengan layanan dari Polri yaitu dengan face recognition atau pengenalan wajah.

Saat ini, kata dia, pihak kepolisian memetakan dan mengidentifikasi permasalahan terkait lalu lintas dengan berbasis informasi teknologi atau IT. Teknologi di balik sistem identifikasi wajah ini juga sudah bisa disediakan oleh perusahaan lokal.

CEO Nodeflux Meidy Fitranto menjelaskan bahwa software kecerdasan buatan yang digunakan di Indonesia, selain harus akurat dengan standar global, juga harus dilatih untuk berbagai masalah unik yang khas Indonesia. “Kami sering mencoba mencari solusi yang memang lokal hanya di Indonesia, misalnya motor bonceng tiga atau helm yang tidak sesuai standar,” katanya.

Baca Juga:  Teorema Pininfarina Memiliki Konsep Baru Visi Ramping

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *