Teknologi

Produk iPhone 15 Telah Musnahkan Slot Kartu Untuk SIM Card

Duo iPhone 15 dan 15 Pro dikabarkan tak akan lagi menyediakan slot kartu SIM. Hal ini diketahui dari informasi di sebuah situs Perancis. Jika benar, artinya iPhone 15 dan 15 Pro akan benar-benar mengandalkan fitur eSIM. Dikutip dari MacRumors, Selasa (28/3/2023), bisa jadi ketiadaan slot kartu SIM juga berlaku untuk produk yang dirilis global.

Pasalnya, eSIM atau SIM elektronik memang sudah menjadi tren belakangan ini. Bahkan semua operator di Indonesia pun kini sudah mendukung eSIM. Agaknya sebentar lagi masyarakat tak perlu berhadapan dengan kartu SIM fisik.

Selama ini kita mengenal SIM Card dalam bentuk nano-SIM. Biasanya kita harus memasukkan atau inject kartu pada ponsel untuk menggantinya dengan operator lain. Sementara itu eSIM berbeda penggunanaannya. Melansir laman Apple, eSIM bisa mengaktifkan paket tanpa menggunakan nano SIM. Pengguna hanya perlu melakukan scan barcode untuk menggunakannya.

Apple menuliskan jika pengguna bisa menginstal 8 eSIM atau lebih pada iPhone. Pengguna juga dapat menggunakan dua nomor telepon aktif sekaligus. eSIM bisa digunakan di beberapa HP, termasuk iPhone 11 hingga iPhone 14. Sementara untuk Android sudah tersedia pada sejumlah HP Samsung, Huawei, dan Oppo.

Baca Juga:  Spesifikasi MXQ Pro 4K S905 Dengan Quad Core Amlogic S905 Cortex A53