Nasional

Pesawat Super Hercules TNI AU Dimandikan Oleh Presiden Jokowi Pakai Air Kembang

Pakai air bunga, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memandikan pesawat Super Hercules TNI Angkatan Udara. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1339 dan C-130H A-1315 kepada Panglima TNI Laksamana Yudo Margono di depan Presiden Jokowi. Pada Rabu, 3 Agustus 2023, acara serah terima dilaksanakan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Anda bisa melihat Presiden Jokowi membuka tirai pesawat sebelum memecahkan kendi berisi air bunga dan membasuh hidung pesawat itu.

Presiden Jokowi dalam keterangan seusai acara mengatakan, pesawat Super Hercules merupakan pesawat yang sangat canggih. Pesawat tersebut dapat mengangkut hingga 19 koma 9 ton kargo selain pasukan. Kami menerima pesawat C-130J-30 Super Hercules pagi ini, dan ini dia. Pesawat ini sangat canggih. Saya sudah login. Mereka dapat mengangkut 98 tentara jika memiliki parasut, menurut apa yang telah dikatakan. Namun, mereka bisa membawa 128 pasukan jika saja prajuritnya bukan penerjun payung. Presiden Jokowi, seperti dikutip BPMI Setpres, mengatakan mampu mengangkut 19,9 ton.

Presiden Jokowi menggambarkan pesawat Super Hercules cocok untuk berbagai operasi karena daya angkutnya yang besar. Pesawat juga bisa terbang dalam waktu yang sangat lama. Alhasil, bisa digunakan untuk bepergian ke seluruh Indonesia. “Operasi militer dan nonmiliter, serta bencana alam, bisa diuntungkan. Karena pesawat Super Hercules bisa terbang selama 11 jam, menurutnya bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Satu dari lima pesawat yang dimiliki pemerintah dipesan, Super Hercules, adalah pesawat yang dikirimkan. Pada Juni 2023, Juli 2023, Oktober 2023, dan Januari 2024, empat pesawat sisanya akan diserahkan. Presiden Jokowi menyatakan bahwa pemerintah akan terus bekerja untuk menyediakan pasukan minimum yang dibutuhkan Indonesia meskipun ada penambahan pesawat baru ini. “Ya, semuanya sudah dimodifikasi agar sesuai dengan keterbatasan finansial kami. Tapi kami ingin berusaha mewujudkannya,” ujarnya mengakhiri.

Baca Juga:  Untuk Terbangkan Pesawat C-130J Super Hercules TNI AU Menyiapkan 48 Personel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *