Internasional

Mantan Menteri Keuangan Santiago Pena Terpilih Sebagai Presiden Paraguay

Pemilihan Presiden di Paraguay telah usai. Hasilnya, mantan Menteri Keuangan Paraguay, Santiago Pena (44), terpilih menjadi presiden. Dilansir AFP, Senin (1/5/2023), warga Paraguay pada Minggu (30/4) kemarin waktu setempat memilih Pena yang merupakan capres dari sayap kanan Partai Colorado, yang berkuasa selama hampir delapan dekade.

Pena memenangkan pemilihan dengan lebih dari 42 persen suara, hasil itu didapatkan dari perhitungan 90 persen surat suara. Sementara, penantang Pena, Efrain Alegre (60), dari koalisi kiri-tengah Concertacion mengumpulkan 27,5 persen. Alegre sebelumnya sempat unggul tipis dalam jajak pendapat menjelang pemungutan suara hari kemarin.

Partai Colorado telah memerintah hampir terus-menerus sejak 1947 melalui kediktatoran dan sejak kembalinya demokrasi pada 1989, tetapi telah dinodai oleh klaim adanya korupsi. Mentor politik Pena, mantan presiden dan pemimpin Partai Colorado, Horacio Cartes, baru-baru ini dikenai sanksi oleh Amerika Serikat atas korupsi.

Sekitar 4,8 juta dari 7,5 juta penduduk Paraguay pada Minggu berhak memilih presiden untuk menggantikan Mario Abdo Benitez yang meninggalkan jabatannya setelah masa jabatan tunggal yang dibatasi secara konstitusional. Dalam satu putaran, pemenang mengambil semua pemilihan. Mereka juga memilih anggota parlemen baru.

Baca Juga:  Setelah Upaya Pemotongan Tanduk, Pria Yaman Meninggal Di Usia 140 Tahun