Berita Utama

Kontribusi Ivan Gunawan untuk Palestina: Donasi Ambulans dan Strategi Bantuan Efektif

bengkelsastra.com – Dalam tanggapan atas kondisi kritis yang berlangsung di Palestina, Ivan Gunawan, seorang desainer sekaligus presenter ternama, telah mengambil langkah konkret untuk menyediakan bantuan. Pada usia 42 tahun, Gunawan telah memilih untuk menyumbangkan ambulans, dengan tujuan mendukung peningkatan fasilitas kesehatan di wilayah tersebut.

Inisiatif Donasi Ambulans:

Selama wawancara di Matraman, Jakarta Pusat, pada tanggal 3 Juni 2024, Gunawan mengungkapkan, “Saya telah memutuskan untuk mengalokasikan sebagian dari keuntungan saya untuk pembuatan ambulans.” Menurutnya, ambulans merupakan salah satu bantuan terpenting mengingat kondisi genting yang masih berlangsung di Palestina. “Kami hampir menyelesaikan pembuatan tiga unit ambulans,” lanjutnya.

Fokus pada Peningkatan Akses Kesehatan:

Gunawan menekankan bahwa fokus utamanya saat ini adalah meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan di Palestina, yang saat ini masih sangat terbatas. Dia merasa lega karena ambulans yang dibiayai dari penjualan merek fashionnya telah mulai beroperasi. “Meskipun belum ada update lengkap, saya telah menerima foto dan laporan yang menunjukkan bahwa ambulans tersebut sudah berfungsi,” ucap Gunawan.

Tantangan dalam Distribusi Bantuan:

Gunawan menyampaikan bahwa mengirimkan bantuan ke Palestina tidaklah mudah, terutama menyusul serangan terbaru di tempat pengungsian Gaza di Rafah. “Proses pengiriman bantuan tidak semudah yang dibayangkan. Kami bekerja melalui sebuah yayasan dan tidak mengirim barang langsung dari Indonesia, demi menghemat biaya pengiriman,” jelas Gunawan.

Strategi Pengiriman Bantuan yang Efektif:

Dalam upaya untuk mengoptimalkan efektivitas biaya, Gunawan berencana untuk terbang ke negara yang berdekatan dengan Palestina dan mengoordinasikan bantuan dari sana. “Kami akan membawa uang tunai, membelanjakan dan mengemas bantuan secara lokal,” ungkapnya.

Kontribusi Finansial:

Gunawan telah mengirimkan bantuan ke Palestina senilai sekitar Rp 1 miliar, yang dilakukan pada Januari 2024.

Baca Juga:  Skandal Penipuan Mengguncang Jagat Hiburan: Suami Bunga Citra Lestari Terjerat Kasus Hukum

Inisiatif Ivan Gunawan ini merupakan upaya nyata untuk membantu meringankan beban masyarakat Palestina dan meningkatkan akses mereka terhadap layanan kesehatan yang sangat dibutuhkan dalam situasi krisis saat ini.