Nasional

KM Samudra Anugrah Di Surabaya Terbakar, Kerahkan 16 Unit Damkar

KM Samudra Anugerah terbakar di PT Dok Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/4) pagi. Dinas Pemadam Kebakaran pun mengerahkan 16 unitnya untuk memadamkan api. “Unit yang diberangkatkan 16 unit,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya, Dedik Irianto, saat dikonfirmasi Rabu siang.

Sebanyak 16 unit itu antara lain 5 Unit Tempur Team Rescue, 3 Unit Tempur Rayon 1 Pasar Turi, 1 Unit Tempur Pos Pegirian, 1 Unit Tempur Pos TVRI, 1 Unit Tempur Rayon 2 Tambak Rejo, 1 Unit Tempur Rayon 3 Rungkut, 1 Unit Tempur Rayon 4 Wiyung, 2 Unit Tempur Rayon 5 Margomulyo dan 1 Unit Tempur Pos TOW.

“Pemadaman dari dua sisi perairan, sisi barat dan sisi utara, oleh tugboat milik Pelindo Marine Service. Dari sisi selatan & sisi timur oleh DPKP Surabaya,” ucapnya. Dedik mengatakan KM Samudra Anugerah terbakar itu mulai dilaporkan pukul 05.56 WIB pagi tadi. Proses pemadaman dan pembasahan pun baru dinyatakan selesai pukul 11.40 WIB tadi.

Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Tapi sumber api diduga muncul dari bagian mesin kapal. Selain itu, juga terdapat BBM cadangan sebanya 7 ton di dalam kapal. “Awal mula yang terbakar dari ruang mesin merambat ke main deck, deck 1, deck 2 dan anjungan kapal,” katanya.

Meski demikian, selama proses pemadaman, situqsi masih aman dan kondusif. Pasalnya lokasi KM Samudra Anugrah terpisah dengan pelabuhan penumpang dan tidak mengganggu kegiatan operasional pelabuhan. Kapal tersebut sedang diperbaiki sejak dua minggu lalu. Posisi kapal, berada di galangan untuk perbaikan, sehingga tidak mengganggu penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak.

Baca Juga:  Kebakaran Terjadi Di Pemukiman Pademangan, Kerahkan 18 Unit Mobil Damkar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *