Internasional

Kapal Wisata Titanic Hilang Yang Berpenumpang Miliarder Inggris-Pakistan

Bangkai kapal selam Wisata Titanic dikabarkan hilang dari radar pada Minggu lalu. Kapal yang dioperasikan oleh OceanGate Expeditions itu membawa lima wisatawan, termasuk miliarder Inggris Hamish Harding. Bengkelsastra melaporkan, Rabu (21/6/2023), pihak berwenang mengatakan kapal kecil yang membawa lima orang itu hilang 45 menit setelah turun untuk menemukan bangkai kapal Titanic pada Minggu pagi. Pihak berwenang tidak merilis nama-nama penumpang. Namun, salah satunya adalah pengusaha Inggris Hamish Harding. Selain itu, nama miliarder Pakistan Shahzada Dawood dan putranya Sulaiman Dawood, serta penyelam Prancis Paul-Henri Nargeolet juga tercantum.

Selain itu, orang kelima yang dikonfirmasi telah bergabung dengan kapal tersebut adalah CEO dan pendiri OceanGate Stockton Rush, yang memimpin ekspedisi tersebut. Informasi ini diungkapkan oleh seorang sumber yang dekat dengan rencana pemberitaan tersebut. Hamish Harding adalah CEO Action Aviation, sebuah perusahaan pemasaran penerbangan. Badan tersebut melaporkan dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di media sosial bahwa Harding berada di atas kapal selam. Di sisi lain, dia adalah pilot maskapai penerbangan terlatih dengan rekam jejak perjalanan serius yang mengesankan yang berbasis di Uni Emirat Arab. Dia menjadi pembicaraan di kota pada tahun 2019 ketika dia termasuk di antara pilot yang memecahkan rekor dunia untuk perjalanan keliling dunia tercepat melintasi dua kutub.

Kemudian pada tahun 2020, Harding menjadi salah satu orang pertama yang menyelam ke Challenger Deep di Samudera Pasifik, yang dianggap sebagai titik terdalam di lautan dunia. Tahun lalu, dia membayar jumlah yang dirahasiakan untuk kursi di penerbangan Blue Origin. Harding juga merupakan anggota dewan pendiri The Explorers Club, sebuah grup di New York yang telah terlibat dalam banyak penemuan terkenal di dunia. Sehari sebelum kapalnya hilang, Harding menulis di media sosial bahwa dirinya bangga berada di atas kapal RMS Titanic.

Baca Juga:  Anggota Kelompok Kuil Setan Mengadakan Pertemuan Terbesar Dalam Sejarah AS

“Saya bangga akhirnya mengumumkan bahwa saya bergabung dengan ekspedisi OceanGate untuk proyek RMS TITANIC mereka sebagai Spesialis Misi di kapal yang tenggelam di Titanic,” tulis Harding dalam postingan media sosial. Harding juga mengumumkan pada hari Sabtu bahwa penyelam Paul-Henri Nargeolet akan bergabung dengannya di air. “Tim di atas kapal terdiri dari banyak penjelajah legendaris, beberapa di antaranya telah menyelesaikan lebih dari 30 penyelaman di RMS Titanic sejak 1980, termasuk PH Nargeolet,” tulisnya di Facebook.

Shahzada Dawood dan putranya, Sulaiman Dawood, termasuk di antara lima orang yang berada di atas kapal. Keluarga itu mengatakan pasangan itu melakukan perjalanan untuk mengunjungi bangkai kapal Titanic di Samudera Atlantik. “Saat ini, kontak telah hilang dengan kapal selam mereka dan informasi yang tersedia terbatas,” tambah pernyataan itu. Keluarga Dawood adalah keluarga bisnis Pakistan terkemuka. Dawood Hercules Corporation, perusahaan mereka, adalah salah satu perusahaan terbesar di negara ini, dengan portofolio energi, petrokimia, pupuk, TI, pangan, dan pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *