6.9 C
New York
Sabtu, Februari 24, 2024

Juru Bicara Kremlin Beri Peringatan Pada Rusia Setelah Jurnalis AS Ditangkap

Setelah penangkapan koresponden surat kabar The Wall Street Journal, Evan Gershkovich, Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov soal keamanan jurnalis asing di Rusia. Dia menekankan, jurnalis asing tidak perlu takut ditangkap selama benar-benar melakukan tugasnya. Peskov menjamin jurnalis asing yang meliput di Rusia akan tetap bisa melanjutkan pekerjaannya, asal tidak menggunakan akreditasi wartawan sebagai kedok memata-matai.

“Semua wartawan asing yang memiliki akreditasi yang sah dapat melanjutkan kegiatan jurnalistik di negara kami,” ujar Peskov dalam konferensi pers di Moskow, Jumat (31/3), seperti dilansir Antara. “Mereka tidak menghadapi batasan apa pun dan bekerja dengan tenang. Tetapi dalam hal ini, kita berbicara tentang kegiatan di bawah kedok spionase jurnalistik,” imbuhnya.

Pernyataan dari Peskov diberikan hanya sehari usai penangkapan koresponden surat kabar The Wall Street Journal, Evan Gershkovich. Peskov menyebut Gershkovich tertangkap basah karena melanggar undang-undang negara. Dia menyatakan, tidak ada alasan untuk mengusir semua wartawan Rusia dari negara-negara Barat sebagai tanggapan atas penangkapan Gershkovich.

“Pelanggaran hukum dan melampaui kegiatan yang ditentukan oleh undang-undang adalah satu hal, sementara membatasi hak jurnalis yang jujur itu hal lain. Itu akan menjadi absurd dan salah,” tuturnya. Peskov mengungkapkan, dia tidak memiliki detail kasus Gershkovich tetapi penyelidikan sedang dilakukan oleh Dinas Keamanan Federal Rusia.

Baca Juga:  Usai Minum Sari Apel Yang Terkontamintasi, 16 Orang Dinyatakan Tewas Di Rusia

berita SERUPA

Terbaru