Nasional

Jalan Menuju Puncak Macet, Aparat Kepolisian Memberlakukan sistem One Way Menuju Bogor

Aparat kepolisian memberlakukan sistem one way atau satu arah menuju Bogor mulai dari depan Istana Cipanas, Puncak, Cianjur, untuk mencairkan antrean kendaraan dari pemudik dan wisatawan yang terus memanjang, Minggu (30/4). Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Anaga Budiharso di Cianjur Minggu, mengatakan volume kendaraan terus bertambah setelah tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas mulai tutup, sehingga sempat terjadi antrean panjang kendaraan menuju arah Bogor.

“Kendaraan mudik dengan tujuan balik berbaur dengan kendaraan wisatawan yang hendak kembali ke Jabodetabek, sehingga sistem satu arah yang sempat diberlakukan siang hari hanya bertahan selama satu jam dan antrean kembali terjadi,” katanya. Untuk mengantisipasi macet total terjadi hingga belasan jam di jalur Puncak seperti pada H+8 Idul Fitri ini, polisi kembali memberlakukan sistem yang sama Minggu pukul 17.00 WIB menuju arah Bogor mulai dari depan Istana Cipanas sampai pintu tol Ciawi-Bogor. Sebelumnya, ungkap Anaga, pihaknya berkoordinasi dengan Polres Bogor untuk memberlakukan sistem satu arah dari Cianjur ke Bogor karena antrean kendaraan terus bertambah masuk jalur Puncak.

“Kami kembali melakukan sistem satu arah menuju Bogor setelah berkoordinasi dengan Polres Bogor. Pemberlakuan sistem tersebut karena melihat kondisi selama volume kendaraan masih tinggi kemungkinan sampai malam hari,” katanya. “Untuk sistem buka tutup pada akhir pekan biasanya hanya tiga jam, namun untuk hari ini kemungkinan lebih lama karena setelah diberlakukan sistem satu arah pada Minggu petang, volume kendaraan yang melintas menuju Bogor masih tinggi,” imbuh Anaga.

Baca Juga:  Satpam Masjid Syeikh Zayed Tidak Jadi Dipecat Berkat Gibran Turun Tangan