Teknologi

iPhone 15 Akan Pakai USB Type C, Mengikuti Ketentuan Uni Eropa

Analis Apple, Ming Chi Kuo, menyebut bahwa Apple akan merilis gadget atau ponsel pintar baru, yakni iPhone 15 dengan dukungan pengisian daya menggunakan sambungan USB Type C. Menurutnya, langkah Apple menyematkan iPhone 15 dengan sambungan USB Type C itu untuk mengikuti ketentuan di Uni Eropa.

Meski begitu, sambungan USB Type C yang dihadirkan oleh iPhone 15 nampaknya hanya akan berfungsi optimal dengan kabel bersertifikat. Sehingga, tidak sembarang kabel USB Type C bisa mengisi daya dari Apple, termasuk iPhone 15.

“Apple akan mengoptimalkan kinerja pengisian cepat dengan USB Type C pada model iPhone 15 menggunakan kabel bersertifikat tertentu tersebut,” kata Ming Chi Kuo dilansir dari Phone Arena, Selasa (21/3/2023). Saat ini, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max mendukung kecepatan pengisian maksimum hingga 20W, sedangkan model Pro mendukung hingga 27W.

Namun, perangkat pengisian daya tersebut harus dibeli secara terpisah mengingat Apple tidak lagi memasukan adaptor daya ke dalam boks pembelian ponsel. “Hal serupa nampaknya akan kembali diberlakukan di iPhone 15, tetapi yang berbeda adalah sambungan USB Type C-nya,” ujarnya.

Langkah tersebut sejalan dengan laporan lain dari pembocor teknologi ShrimpApplePro yang menyebut Apple tengah mengajukan sertifikasi MFi (Made for iPhone) untuk aksesori USB Type C. Tanpa kabel yang bersertifikasi, MFi maka kemampuan perangkat dalam mengisi daya menjadi tidak optimal. Apple sendiri diprediksi akan mengenalkan iPhone 15 pada September 2023.

Baca Juga:  Macron Minta Eropa Tak Ketergantungan Pada AS, Usai Berkunjung Ke China

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *