5 C
New York
Jumat, Februari 23, 2024

Indonesia Dan India Menjadi Negara Yang Memiliki Ekonomi Terkuat Saat ini

bengkelsastra.com – Di tengah gejolak ekonomi saat ini, Indonesia dan India muncul sebagai negara dengan kinerja ekonomi terbaik. Seperti yang ditunjukkan oleh indeks manajer pembelian manufaktur, atau PMI per Juli 2023.
Menurut Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan, mayoritas negara di dunia mengalami kontraksi selama periode tersebut atau memiliki skor PMI Manufaktur di bawah 50.

Namun, Indonesia dan India dikecualikan dari ini. Dengan level indikator sebesar 53,3 Indonesia masuk dalam kategori negara yang mengalami ekspansi indikator PMI. Selain itu, India mencetak 57,8 poin.
“Indonesia dan India adalah dua negara yang memiliki ekonomi kuat dan mengalami pertumbuhan tinggi sementara ada negara di ASEAN maupun Asia yang selama ini cukup kuat tapi dalam kondisi terimbas oleh perekonomian global yang melemah,” kata Sri Mulyani saat konferensi pers APBN, dikutip Minggu (13/8/2023).

India dan Indonesia telah mendapat perhatian dari media internasional. Menurut majalah The Economist, keduanya akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat di dalam kelompok G-20 yang terdiri dari 20 negara dengan perekonomian lain yang cukup besar.

Ini menunjukkan bahwa kedua negara meluncurkan inisiatif baru untuk menjadi kaya di dunia yang bergejolak. Sri Mulyani menyimpulkan bahwa kedua negara memiliki kesamaan sebagai hasilnya.
Negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat pada tahun 2023 diperkirakan adalah Indonesia dan India. Indonesia dan India dinilai berhasil menyusun strategi politik untuk memenangkan pemilu dan meredam gejolak sosial di saat dunia sedang mengalami deglobalisasi, geopolitik, dan pergeseran energi.
Ada beberapa kesamaan antara India dan india. Pada 2014, terpilihlah pemimpin seperti Narendra Modi dan Joko Widodo (Jokowi) yang dianggap karismatik.

Kedua negara juga berbagi populasi besar dan wilayah geografis. Orang India berjumlah 1,4 miliar dan orang Indonesia berjumlah 280 juta. Selain itu, Sri Mulyani mengemukakan paralel lebih lanjut.

Baca Juga:  Viral Video Popo Setelah Melakukan Asusila Pada Patung

“India dan Indonesia sama-sama memiliki Menteri Keuangan Perempuan. Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani dan Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman,”

Terkait PDB, Sri Mulyani mengungkapkan, India telah meningkat posisinya dari US$1,34 triliun menjadi US$3,74 triliun. Posisi Indonesia masih tertinggal jauh dari seharusnya. Populasi India diperkirakan 1,4 miliar orang, menurut statistik. lebih banyak dari Indonesia.
Namun, Sri Mulyani menegaskan Indonesia lebih baik dari negara lain dalam menjaga tingkat utangnya tetap stabil. Utang India sekarang 83% dari PDB-nya. Indonesia mencatat PDB sebesar 39% pada saat yang sama.

berita SERUPA

Terbaru