Teknologi

HP Baru Oppo Find X6 dan Oppo Pad 2 Rilis Pada 21 Maret 2023

Oppo mengonfirmasi bakal segera meluncurkan dua perangkat baru, yaitu ponsel flagship Oppo Find X6 dan tablet Oppo Pad 2. Sebelumnya, bocoran spesifikasi kedua perangkat baru Oppo ini sudah marak beredar di internet. Kehadiran Oppo Find X6 dan Oppo Pad 2 diumumkan Oppo lewat sebuah poster peluncuran di situs resmi Oppo China. Dalam poster tersebut, kedua perangkat bakal diluncurkan pada Selasa, 21 Maret 2023 pukul 14.00 waktu China atau 13.00 WIB. Selain jadwal rilis, poster tersebut juga memberikan teaser alias bocoran soal tampang Oppo Find X6. Ponsel penerus Oppo FInd X5 ini terlihat bakal memiliki punggung dengan material leather atau kulit berwarna coklat, seperti gambar di bawah.

Oppo Find X6 juga terlihat memiliki modul kamera yang cukup besar dengan bentuk bulat. Bentuk modul ini berbeda dari bentuk modul Oppo Find X5 yang asimetris. Dalam poster, modul kamera Oppo Find X6 itu juga terlihat memiliki lensa periskop. Bila diperhatikan dengan saksama, modul kamera belakang Oppo Find X6 juga mencantumkan logo Hasselblad, produsen kamera asal Swedia dan logo “MariSilicon”. Sebelumnya, di Oppo Find X5 Pro, Oppo menyematkan MariSilicon X yang merupakan chipset NPU dengan arsitektur 6 nanometer (nm) untuk menghasilkan pencitraan terbaik. Kini, Oppo Find X6 tampaknya juga bakal membawa teknologi yang sama atau versi upgrade.

Untuk tablet, Oppo sudah memberikan video teaser yang mengungkap detail tampang dan beberapa spesifikasi Oppo Pad 2. Dalam video berdurasi 15 detik, Oppo Pad 2 terlihat memiliki layar dengan bezel (bingkai) tipis. Di bagian belakang, terlihat ada sebuah modul kamera berbentuk lingkaran di sisi tengah atas (orientasi landscape) punggung tablet. Lalu ada tombol daya di sisi kiri dan pengatur volume di bagian atas. Oppo Pad 2 juga memiliki port USB Type-C, empat speaker berteknologi Dolby Atmos, mendukung stylus, dan keyboard. Tablet ini terlihat hadir dalam warna silver dan gold, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs Oppo China, Jumat (17/3/2023).

Baca Juga:  Samsung Rilis Galaxy A54 5G di RI Yang Terbuat dari Kaca

Menurut rumor yang beredar, Oppo Find X6 series juga diyakini bakal rilis dalam dua model, meliputi model reguler dan Pro. Oppo Find X6 “reguler” kabarnya bakal ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1, sementara varian Pro sebagai model tertinggi ditopang oleh Snapdragon 8 Gen 2. Oppo Find X6 Pro akan mengusung layar E6 AMOLED berukuran 6,82 inci dengan resolusi Quad HD+ (3.168 x 1.440 piksel). Layar ini mendukung refresh rate hingga 120 Hz, memiliki tingkat kecerahan (brightness) hingga 2.500 nits, dan warna 10-bit. Oppo Find X6 Pro konon akan memiliki kamera selfie 32 MP (Sony IMX709), sedangkan bagian punggungnya dibekali kamera utama 50 MP (Sony IMX989), kamera ultrawide 50 MP (Sony IMX890), dan kamera periskop 50 MP (Sony IMX890). Konon, Oppo Find X6 memiliki RAM dan media penyimpanan 12 GB/256 GB, 16 GB/256 GB, dan 16 GB/512 GB. Ponsel ini konon ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh.