Teknologi

China Buat Robot AI Untuk Diturunkan Pada Medan Perang

China merupakan negara dengan kekuatan besar dan memiliki teknologi yang sangat maju. Negara ini disebut memiliki beberapa robot dengan kecerdasan buatan atau AI yang mampu diturunkan di medan peperangan. Berikut robot-robot Canggih AI Buatan China:

1. Robot Berkaki 4 dengan Tenaga Listrik

Terkenal akan kemajuan teknologinya, China telah memperkenalkan sebuah robot berkaki 4 dengan tenaga listrik terbesar di dunia. Melansir laman The Defence Post, robot tersebut bisa digunakan di dunia militer dan membantu dalam misi logistik hingga pengintaian. Satu hal yang menjadikan robot cerdas ini menarik adalah, penampilannya seperti yak, atau sapi bertubuh besar yang banyak ditemukan di Tibet dan Himalaya, Asia Tengah. Hal tersebut menjadikan robot tersebut sangat menarik perhatian dunia internasional.

Kemampuan kecerdasan buatan yang dikenal dengan nama robot yak ini sangat canggih. Ia mampu membawa beban setidaknya 160 kg dengan kecepatan 10 km per jam. Robot yak juga mampu beroperasi di berbagai medan, baik itu parit, tebing, padang rumput, gurun, salju, maupun jalan berlumpur. Meskipun tubuhnya besar, namun robot yak memiliki kemampuan untuk berputar, berlari, dan melompat secara diagonal. Dengan 12 modul dan sensor yang sangat canggih, robot ini mampu mengumpulkan informasi medan perang taktis dan mengirimkan logistik.

2. Robot Penjaga Perbatasan

China menempatkan tentara berwujud robot di sepanjang perbatasan India. Keberadaan robot tersebut diumumkan oleh Tentara Pembebasan Rakyat atau The People’s Liberation Army (PLA). Robot yang dilengkapi dengan senapan mesin ini ditempatkan di perbatasan Indo-China dengan penjagaan tanpa henti. Meskipun berita ini ramai menjadi perbincangan pada tahun 2022, namun China disebut sudah menempatkan robot tentara itu sejak akhir tahun 2021. Lebih dari 12 unit robot membawa senapan mesin ke wilayah barat Tibet. Selain itu, robot-robot itu juga mengirimkan perbekalan dan logistik lainnya. Robot dioperasikan dengan menggunakan nirkabel.

Baca Juga:  China Buka Suara Soal Robot Penjelajah Mars Yang Diungkap Mata-Mata NASA

3. Robot Anjing

Robot anjing atau robodog buatan China menjadi perbincangan kala keberadaannya tertangkap kamera dan beredar luas di media sosial. New York Times menyebut robot penyerang itu sangat menakutkan dan dijatuhkan dari atas drone atau pesawat tak berawak. Senjata yang dipasang pada robot anjing diketahui adalah senapan bermesin ringan QBB-97 yang sanggup menembakkan 650 peluru per menit pada jarak 400 meter. Namun, belum ada informasi jelas mengenai bagaimana robot tersebut dioperasikan di medan pertempuran.