Teknologi

Bocoran Fitur Serta Spesifikasi Minimum Dari Windows 12

Microsoft disinyalir tengah menyiapkan sistem operasi (OS) Windows 12 sebagai penerus Windows 11, yang akan menghadirkan sejumlah pembaruan dan fitur baru. Hadirnya pembaruan dan fitur anyar ini wajar saja mengingat versi baru Windows selalu dibuat agar lebih baik daripada sistem operasi versi lawasnya. Sebagai contoh, Windows 11 diklaim memiliki performa yang lebih baik dibandingkan Windows 10, misalnya dari aspek kecepatan SSD dan optimisasi untuk perangkat dengan spesifikasi yang kurang mumpuni.

Kehadiran update dan fitur anyar nantinya berpotensi memiliki dampak terhadap spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem operasi Windows 12. Lantas, apa saja fitur yang akan hadir di Windows 12 dan seperti apa spesifikasi yang dibutuhkan? Berikut rangkuman rumornya sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GizChina, Selasa (14/3/2023). Pekan lalu, tampilan antarmuka Windows 12 dikabarkan bocor. Gambar yang beredar menunjukkan tampilan Windows 12 yang makin menyerupai desain MacOS. Menurut gambar tersebut, sistem operasi yang rumornya diberi nama kode “Next Valley” itu konon akan menghadirkan taskbar transparan di bagian atas layar.

Sama halnya seperti MacOS, taskbar ini memuat informasi cuaca, Wi-Fi, daya baterai, tanggal, dan jam. Nantinya Windows 12 juga menghadirkan kolom pencarian (search) yang terletak di bagian tengah taskbar. Penempatan deretan informasi ini berbeda dengan Windows 11 yang diposisikan di taskbar bawah. Dipindahkannya taskbar ini ke bagian atas tentunya membuat bagian bawah terlihat lebih kosong. Sehubungan dengan itu, Microsoft mengubah tampilan ikon-ikon aplikasi di taskbar bawah menjadi tampilan docking aplikasi seperti yang dimiliki MacOS.

Meskipun belum mengumumkan Windows 12 secara resmi, Microsoft sudah memberi indikasi bahwa versi baru dari sistem operasinya akan mengintegrasikan kecerdasan buatan. “Saat kami mulai mengembangkan versi Windows berikutnya, kami akan memikirkan di mana kecerdasan buatan dapat menjalankan perannya secara natural,” kata Yusuf Mehdi selaku Consumer Chief Marketing Officer Microsoft. Microsoft pun memiliki kerja sama jangka panjang dengan OpenAI lewat investasinya yang bernilai miliaran dollar AS. Oleh karena itu, dapat diprediksi bahwa Windows 12 akan dibekali teknologi kecerdasan buatan seperti chatbot ChatGPT dan bot pembuat gambar otomatis DALL-E 2.

Baca Juga:  Windows 12 Dikabarkan Akan Rilis Tahun Depan

Sejak Windows 11, Windows Explorer dan Notepad dibekali fitur tabs yang memungkinkan pengguna untuk melakukan multitasking. Nah, kabarnya Windows 12 juga akan memiliki fitur tersebut untuk menyokong produktivitas. Microsoft pun diprediksi akan menghadirkan pembaruan Windows Explorer lainnya untuk Windows 12, meskipun belum ada bocoran yang spesifik terkait pembaruan yang dimaksud. Selain peningkatan untuk kedua fitur tersebut, Windows 12 diperkirakan akan menghadirkan dukungan untuk perangkat layar sentuh dan keyboard serta penempatan panel kontrol di tab pengaturan.

Windows 12 sendiri kemungkinan bakal hadir tahun 2024 mendatang. Informasi ini muncul dari pembocor hardware Intel, @leaf_hobby. Melalui postingan Twitter-nya yang kini sudah dihapus, Windows 12 ada dalam daftar sistem operasi yang didukung untuk prosesor desktop Intel Meteor Lake-S. Prosesor ini pun rumornya akan hadir pada kuartal kedua (April-Juni) 2024. Windows 12 kemungkinan akan lebih berat dibandingkan sistem operasi versi lawasnya. Hal ini dilihat dari sejumlah peningkatan spesifikasi yang dibutuhkan untuk meng-upgrade Windows 10 ke Windows 11, seperti RAM dan prosesor. Meskipun belum ada spesifikasi yang resmi, setidaknya sudah ada banyak prediksi terkait perangkat yang dibutuhkan untuk menjalankan Windows 12.

Berikut adalah daftar lengkap spesifikasi minimum yang diperlukan.
CPU: System-on-Chip (SoC) atau CPU 64-bit dengan dua inti (dual core) atau lebih dengan clockspeed 1 GHz
RAM: 8 GB
Storage: 64 GB
System firmware: UEFI, mendukung Secure Boot
TPM: Trusted Platform Module (TPM) 2.0
GPU: Mendukung DirectX 12 atau yang lebih baru dan driver WDMM 2.0
Display: Layar yang lebih besar dari 9 inci dengan resolusi HD (720p) yang mendukung sistem warna 8-bits per channel

Melihat dari spesifikasi minimum yang sudah dipaparkan sebelumnya, perbedaan yang muncul di antara Windows 11 dan Windows 12 hanya terletak di memori (RAM) saja. Windows 11 membutuhkan RAM 4 GB sedangkan Windows 12 diperkirakan memerlukan RAM minimal 8 GB. Namun, perlu dicatat bahwa informasi di atas masih bersifat rumor saja. Sampai saat ini pun, Microsoft belum mengonfirmasi deretan rumor terkait Windows 12. Meskipun demikian, Microsoft sudah mengindikasikan bahwa perusahaan tersebut akan mengembangkan versi Windows yang berikutnya. Untuk lebih pastinya, mari kita menunggu informasi yang resmi.

Baca Juga:  Microsoft Punya Fitur AI Baru Bernama Copilot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *