5.6 C
New York
Sabtu, Februari 24, 2024

Apple Resmi Rilis Produk Baru Kacamata AR/VR Dengan Harga Rp 52 Juta

Apple meluncurkan produk baru pertamanya sejak 2014. Produk baru ini adalah kacamata augmented reality (AR) bernama Vision Pro, yang dijual mulai US$ 3.499 (sekitar Rp 52 juta). Vision Pro Apple akan bersaing dengan produk kacamata AR Meta, yang disebut Quest. Produk akses “metaverse” Mark Zuckerberg lebih murah daripada Vision Pro Apple. Meta Quest 2, kacamata AR generasi baru di pasaran, mulai dari US$299,99 atau sekitar Rp4,5 juta.

Quest 3 yang akan segera dirilis dibandrol dengan harga US$499,99 atau sekitar Rp 7,4 juta. Seperti yang diungkapkan oleh CEO Apple Tim Cook, pengguna Vision Pro dapat memilih konten yang berbeda melalui kacamata dengan jari mereka dan menggunakan gerakan jari untuk memanipulasi layar. Kamera ini juga dapat menggunakan kamera 3D dan mikrofon untuk merekam video dan mengambil foto 3D. Fitur yang membedakan Vision Pro dari kacamata lain adalah kemampuannya menampilkan mata pengguna agar dapat dilihat orang di sekitarnya.

Pengguna dapat memilih untuk benar-benar tenggelam dalam dunia virtual, yaitu menutup semua mata mereka ke dunia nyata. Ketika orang lain di lingkungan virtual mendekat, keduanya akan dapat melihat satu sama lain. Vision Pro tersedia di AS mulai awal 2024, dengan negara lain menyusul beberapa bulan kemudian. IDC memperkirakan sekitar 80% perangkat AR/VR yang dijual di pasaran adalah produk buatan Meta.

“Menurut saya, perbedaan utamanya adalah Zuckerberg ingin menciptakan dunia virtual tempat pengguna berinteraksi, sementara Apple ingin kami berada di dunia nyata tetapi untuk ‘meningkatkannya’,” kata Carolina Milanesi, analis di Creative Strategies. ). Selain Meta dan Apple, Sony Group dan perusahaan induk TikTok, ByteDance, telah meluncurkan aplikasi virtual reality (VR). IDC memperkirakan sekitar 8,8 juta unit headset VR/AR terjual tahun lalu.

Baca Juga:  'Produk Kejutan' Apple Batal Rilis Pada Ajang WWDC

berita SERUPA

Terbaru