Teknologi

Zoom Menggunakan Fitur AI Yang Bisa Membuat Ringkasan Hasil Rapat

Pada Senin (27/8), Zoom mengumumkan mereka memanfaatkan teknologi OpenAI untuk memperluas Zoom IQ sebuah fitur pintar dari Zoom. Demikian dengan menambahkan pengalaman AI dapat mengoptimalkan alur kerja penggunanya. Selama satu tahun terakhir, Zoom IQ perlahan-laman terus berkembang pada fitur pintar seperti rekaman rapat pintar. Kini Zoom menambahkan fitur produktivitas yang didukung teknologi AI seperti membuat ringkasan obrolan dan pembuatan teks.

Fitur penghasil teks, penulisan obrolan Zoom IQ dan penulisan email Zoom IQ akan menggunakan AI generatif untuk menyusun pesan dan respons menggunakan konteks percakapan dan arahan pengguna. Lalu fitur ringkasan rapat Zoom IQ secara otomatis akan meringkas konten rapat secara real time.

Misal jika kamu terlambat bergabung ke rapat, maka kamu akan dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengejar ketinggalan dengan cepat. Setelah sesi berakhir, rekapan rapat akan dikirimkan dalam format yang dapat dibagikan ke Obrolan Tim Zoom di mana tim dapat mengakses konten rapat, serta item tindakan yang disarankan.

Dilansir Bengkelsastra, Selasa (28/3/2023) melalui postingan blog-nya Zoom mengatakan fitur Zoom IQ baru akan tersedia untuk memilih pelanggan berdasarkan undangan mulai bulan April. Zoom bukanlah alat produktivitas kerja pertama yang mengadopsi fitur AI; Slack, Google Workspace, dan Microsoft 365 juga mengumumkan integrasi AI mereka sendiri bulan ini.

Baca Juga:  Microsoft PHK Karyawan Tim Pengawas Etik Artificial Intelligence