Internasional

Terjadi Kericuhan Yang Menewaskan 46 Tahanan Di Penjara Wanita Honduras

Kerusuhan pecah di penjara wanita di kota Tamara, Honduras pada Selasa (20/06/2023). Akibatnya, dilaporkan tidak kurang dari 46 tahanan tewas. Kerusuhan itu disebut-sebut terjadi karena persaingan antara dua geng di dalam penjara, yakni 18th Street Gang (Barrio 18) yang bertanggung jawab atas aksi kekerasan tersebut. Menurut TheGuardian, insiden itu bermula ketika beberapa pria bersenjata dari Barrio 18 menyerbu penjara yang menampung anggota geng lawan, Mara Salvatrucha (MS-13).

Geng Barrio 18 menembak dan menikam para penyintas di dalam sel sebelum menyiram mereka dengan bensin. “Sekelompok penjahat pergi ke penjara kelompok oposisi, mengunci pintu, membakar orang-orang di dalam dan ternyata (masih diselidiki) membakar mereka dengan semacam minyak,” kata ketua National. perusahaan Honduras. Polisi, Juan López Rochez. Presiden Honduras Xiomara Castro mengatakan kerusuhan itu direncanakan oleh kelompok-kelompok dengan sepengetahuan dan dukungan pasukan keamanan. Melempar senjata di penjara juga muncul di masyarakat Honduras dan anggota Barrio 18 dapat membawa senjata dan pisau ke dalam penjara dan bergerak bebas antar sel.

Diketahui bahwa 18 senjata, satu senapan mesin, dua senapan mesin, dan dua granat ditemukan setelah kerusuhan. Wakil Inspektur Jenderal Penjara Honduras Rodríguez Vargas mengatakan para penyerang berhasil melarikan diri tanpa konfrontasi dengan penjaga penjara sebelum melakukan aksinya. “Jelas seseorang pasti telah melakukan kesalahan,” kata López Rochez. Juru bicara kepolisian Honduras Yuri Mora mengatakan bahwa sebagian besar orang tewas karena dibakar dan ada juga yang ditembak atau ditikam. Tidak semua korban adalah anggota geng. Menurut BBC, beberapa korban tidak ada hubungannya dengan kedua pihak yang bertikai. Salah satunya adalah mantan polisi yang menjalani hukuman penjara 15 tahun setelah mengaku membunuh seorang rekannya. Salah satu dari mereka yang terbunuh adalah beberapa hari setelah dia dibebaskan dari penjara karena penculikan.

Baca Juga:  Rusia Dipersilahkan Assad Membangun Pangkalan Militer di Suriah

Banyak yang selamat mengatakan mereka melarikan diri dari api di kamar mandi. Tubuh mereka yang terbakar ditemukan ditumpuk di atas satu sama lain. Yang lainnya ditembak dan dibunuh di gerbang penjara dan di halaman penjara. Kegiatan geng penjara terkenal karena penjahat dikontrol dengan baik di penjara negara bagian, di mana narapidana sering membuat undang-undang mereka sendiri dan menjual barang selundupan. Honduras terkenal karena korupsi dan kekerasan geng yang telah menyusup ke kantor-kantor pemerintah dan membuat tingkat pembunuhan meroket. Bersama dengan tetangganya El Salvador dan Guatemala, negara ini merupakan saluran untuk mengangkut kokain dari Amerika Selatan ke Amerika Serikat. Itu juga memiliki sejarah kerusuhan penjara yang mematikan, yang sering dikaitkan dengan kejahatan terorganisir.