Internasional

Suara Ledakan Sonik Telah Menghebohkan AS Akibat Jet Tempur F-16 Kejar Cessna

Suara gaduh dan gaduh terdengar di kawasan Washington DC, ibu kota Amerika Serikat (AS), ketika jet tempur F-16 menembak jatuh pesawat sipil Cessna yang ditolak pilotnya saat dihubungi pihak berwenang. Sebuah pesawat Cessna yang membawa empat orang jatuh di hutan di Virginia. Seperti dilansir AFP, Senin (5/6/2023), banyak warga kota Washington D.C. dan sekitarnya melaporkan bahwa mereka mendengar suara yang memecahkan jendela dan dinding rumah, bahkan di antara mereka yang tinggal berkilo-kilometer dari kota.

Peristiwa yang terjadi pada Minggu (4/6) waktu setempat itu sempat membuat heboh media sosial, hingga banyak yang mempertanyakan apa yang sebenarnya terjadi. Dalam keterangannya, North American Aerospace Defense Command (NORAD) menjelaskan bahwa suara sonic boom dari dua jet tempur F-16 ditempatkan sebagai tanggapan atas pesawat Cessna 560 Citation V yang tidak diperbolehkan terbang di atas Washington DC di Virginia utara.

NORAD mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Pesawat NORAD diizinkan terbang dengan kecepatan sangat tinggi, dan penduduk di daerah itu mungkin mendengar ledakan sonik.” Seorang pejabat Pentagon yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan dua jet F-16 dikerahkan dari Pangkalan Bersama Andrews dan mengikuti pesawat sipil Cessna yang jatuh di bagian utara barat daya Virginia dekat Washington.DC.

Seorang pejabat Gedung Putih, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan kepada wartawan lokal bahwa Presiden Joe Biden telah diberitahu tentang insiden tersebut. Dia tidak mengatakan apakah ada keadaan darurat yang diajukan sebagai akibat dari insiden itu.

Baca Juga:  Sederet Kota Dengan Biaya Hidup Tinggi Di Dunia Hingga Miliaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *