Internasional

Slowakia Tuding Teknisi Rusia Sabotase Jet Tempur Yang Rusak

Slowakia adalah salah satu negara yang mengirimkan bantuan perangkat perang ke Ukraina, salah satunya dalam bentuk jet tempur. Akan tetapi baru-baru ini, sebagian jet tempur MiG-29 yang dikirim Slowakia mengalami kerusakan. Pihak Rusia dituding berada di baliknya. Menurut Slowakia yang dikutip Bengkelsastra dari Business Insider, teknisi Rusia tampaknya telah menyabotase jet tempur MiG-29 yang menuju ke Ukraina.

Jadi, para teknisi itu bekerja di pangkalan udara Slovakia hingga akhir 2022. Mereka memiliki akses ke jet tersebut dan tampaknya telah merusak beberapa komponen sebelum dikirim ke Kyiv, ibu kota Ukraina. Menteri Pertahanan Slovakia Jaroslav Nad mengatakan jet itu masih bisa terbang, tapi itu tidak berarti juga mampu bertempur. “Cacat pada jet hanya muncul di bagian komponen yang diakses oleh orang Rusia,” demikian katanya.

Para teknisi asal Rusia itu rupanya disewa dengan kontrak jangka panjang untuk menangani perbaikan besar jet itu, yang memang sudah tua dan berasal dari era Uni Soviet. Untungnya menurut Nad, Ukraina memiliki sumber daya untuk memperbaikinya. “Mereka memiliki pilot, suku cadang, dan juga perusahaan yang telah mengutak atik jet MiG sejak zaman Soviet,” katanya. Belum lama ini, Slovakia dan Polandia berjanji mengirim armada jet tempur MiG-29 ke Ukraina.

Dua negara anggota NATO itu mengatakan kekuatan udara tambahan akan membantu Ukraina yang sudah sekitar setahun perang dengan Rusia. Jet bantuan itu tidak jauh berbeda dengan MiG-29 milik Ukraina, dan beberapa hanya berguna untuk suku cadang. Pejabat Ukraina telah meminta bantuan jet tempur modern seperti F-16 tapi sampai sekarang belum dikabulkan.

Baca Juga:  Reaksi Balasan Moskow Tentang Ukraina Ingin Ganti Nama Rusia Jadi Moscovia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *