Internasional

Presiden Rusia Beri Komentar Terhadap Konflik Israel Palestina

bengkelsastra.com – Menurut Presiden Rusia Vladimir Putin, Israel sebagian besar menggunakan kekuatan untuk menduduki wilayah Palestina. Ia menilai konflik yang sudah berlangsung bertahun-tahun ini merupakan akibat dari ketidakadilan.

Menurut situs Kremlin, Putin berkata, “Beberapa wilayah yang telah lama dianggap milik Palestina telah diduduki oleh Israel pada waktu dan cara yang berbeda, namun sebagian besar, tentu saja, melalui kekuatan militer.” Hal tersebut disampaikan dalam forum Pekan Energi Rusia di Moskow pada Rabu 11 Oktober 2023.

Ia menjelaskan, rencana awal Israel dan Palestina adalah membentuk dua negara berdaulat yang merdeka, namun keputusan tersebut hanya terlaksana sebagian. Dia menyatakan bahwa meskipun Palestina tidak pernah diciptakan sebagai negara berdaulat dan merdeka, Israel didirikan sebagai negara berdaulat.

Amerika Serikat telah memilih untuk mengatur semuanya sendiri selama beberapa tahun terakhir, lanjutnya, jadi apa masalahnya sekarang?

Putin dilaporkan mengatakan bahwa Rusia secara konsisten mendorong agar keputusan Dewan Keamanan PBB untuk mendirikan negara Palestina merdeka diberlakukan.

“Kami selalu mendukung implementasi keputusan Dewan Keamanan PBB, yaitu pembentukan negara Palestina merdeka. Semua persoalan bermula dari hal ini, menurut Putin.

Keputusan Dewan Keamanan PBB untuk mendukung pembentukan negara Palestina merdeka merupakan hasil dari sejumlah resolusi yang disahkan dewan tersebut. Resolusi-resolusi ini mengakui hak rakyat Palestina atas kemerdekaan nasional dan penentuan nasib sendiri.

Pada tahun 2016, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadopsi Resolusi 2334, yang menyatakan semua permukiman Israel di wilayah pendudukan Palestina adalah tidak sah dan ilegal serta menyerukan pembentukan negara Palestina merdeka.

Israel, sebaliknya, menolak meninggalkan wilayah pendudukan, sehingga resolusi ini tidak pernah diberlakukan.

Putin sebelumnya berbicara dengan Muhammad Shia Al Sudani, perdana menteri Irak, di Moskow tentang konflik Israel-Palestina. Menurut Putin, hati setiap orang dan setiap umat Islam akan selalu tersentuh dengan isu Palestina.

Baca Juga:  Izin Mendaki Gunung Everest Sudah Dikeluarkan Nepal Untuk Mencetak Rekor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *