Berita UtamaNasional

Perubahan Iklim RI Berdampak Besar, Jokowi Beri Peringatan Serius

bengkelsastra.com – Semua mendapat teguran keras dari Presiden Joko Widodo. Bencana akibat perubahan iklim, menurutnya, bisa memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu dari sekian banyak negara di dunia yang mengalami dampak perubahan iklim yang dapat menyebabkan bumi semakin panas. Pada Festival Lingkungan Hidup, Iklim, Kehutanan dan Energi Baru Terbarukan (LIKE) yang diadakan beberapa waktu lalu di Arena Gelora Bung Karno Indonesia, Jokowi menyampaikan hal tersebut.

Seperti dikutip Jokowi pada Minggu 10 Agustus 2023, “Hati-hati, ancaman perubahan iklim itu nyata dan sudah kita rasakan di seluruh negara dan di dunia.”.

Ia menegaskan, “Kekeringan terjadi dimana-mana, tidak hanya di Indonesia. Suhu bumi semakin meningkat.

Akibatnya muncul berbagai krisis, termasuk krisis pangan, menurut Jokowi. Saat ini, produksi pangan dalam negeri dan impor pangan sulit dilakukan oleh banyak negara. Kekurangan pangan di beberapa negara, baik gandum maupun beras, diklaimnya, akhirnya mencapai titik krisis.

Ketika banyak negara memutuskan untuk berhenti mengekspor produk pangan, khususnya beras, permasalahannya menjadi lebih menantang.

Jokowi menyatakan, “Biasanya 19 negara mengekspor beras, namun kini setelah mereka berhenti melakukan pembatasan ekspor dan tidak lagi melakukan ekspor, harga beras di banyak negara meningkat, termasuk Indonesia yang mengalami sedikit kenaikan.

Baca Juga:  Seorang Petugas Pemadam Kebakaran Kehilangan Tasnya Setelah Mengevakuasi Korban Longsor Dari Bogor