Teknologi

Laptop Asus Vivobook Pro 14 OLED M3400 Yang Cocok Untuk Sekolah

Laptop menjadi perangkat yang tak terpisahkan dari kegiatan belajar dan mengajar di sekolah dan kuliah. Saat ini, hampir semua institusi pendidikan telah mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, memiliki laptop yang dapat digunakan untuk tugas-tugas akademis sangat penting. Apalagi yang punya performa mumpuni, sehingga kegiatan produktivitas dapat lancar dilakoni.

Hanya saja biasanya laptop seperti itu punya spesifikasi tinggi dan harganya mahal. Namun Asus memberikan kejutan dengan menghadirkan Vivobook Pro 14 OLED M3400O. Laptop ini diklaim punya performa bertenaga berkat prosesor kelas gaming namun dibanderol dengan harga terjangkau. Bengkelsastra menjajal kemampuannya, nah berikut ini ulasan singkatnya.

VivoBook Pro 14 OLED mengdopsi tampilan yang sebelumnya diterapkan di jajaran laptop yang diluncurkan Asus belakangan ini. Dari segi desain terlihat futuristik berkat bagian penutup aluminium dengan logo Asus Vivobook bergaya lencana. Port yang dipunyai cukup banyak, ada USB 3.2 Gen 2, 2x USB 2.0, HDMI 1.4, jack audio 3,5 mm dan card reader microSD. Sayangnya laptop ini belum menyediakan port USB type C.

Layar Vivobook Pro 14 OLED mampu memanjakan mata. Sebab sesuai namanya, layarnya menggunakan panel OLED. Asus memberikan dukungan untuk cakupan ruang warna HDR dan 100% DCI-P3, sehingga memberikan panel yang penuh warna dan akurat warna. Rasio kontras layar OLED pada laptop ini adalah 1.000.000:1, yang membuat warna hitam terlihat lebih hitam dan warna lain terlihat lebih mencolok dan tidak terlalu jenuh.

Fitur tambahan dari layar ini adalah emisi cahaya biru rendah bersertifikasi TÜV Rheinland, suite pencegahan burn-in, dan Dolby Vision. Layar laptop ini berukuran 14 inch dengan refresh rate 90Hz dan rasio 16:10. VivoBook Pro 14 OLED punya kecerahan maksimum 600 nits. Vivobook Pro 14 OLED menyajikan keyboard berukuran penuh. Tombol-tombol pada keyboard memiliki tingkat travel distance yang baik dan dibekali backlit sehingga memudahkan pengetikan di kondisi cahaya gelap.

Baca Juga:  Pegawai Apple Khawatir Produk Headset MR Baru Akan Gagal

Asus menghadirkan tombol daya yang disatukan dengan sensor sidik jari bawaan untuk otentikasi biometrik. Selain itu, dimungkinkan juga untuk mengatur Face Unlock di laptop. Kedua fitur ini cepat dan tidak butuh waktu lama untuk membuka kunci laptop. Pindah ke trackpad, ukurannya cukup besar. Kendati begitu tidak mengganggu saat pengetikan. Permukaan yang mulus membuat navigasi mudah. Asus memberikan sejumlah gesture untuk memudahkan menggunakan laptop ini.

Vivobook Pro 14 OLED menghadirkan speaker bawaan standar dengan sentuhan Harman Kardon. Kendati speakernya mengarah ke bawah, suara yang dihasilkan laptop ini lumayan lantang di telinga. Berbicara tentang webcam, Vivobook Pro 14 OLED menampilkan kamera 720p yang dibekali penutup privasi. Seperti biasa, webcam memberikan performa yang mirip dengan banyak laptop lain dan bekerja cukup baik dalam kondisi pencahayaan standar.

Asus menyokong Vivobook Pro 14 OLED dengan prosesor Ryzen 5 5600H yang dipadukan dengan RAM DDR4 8 GB dan SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 berkapasitas 512 GB. Dalam penggunaan standar, mulai dari mengetik tugas, browsing internet, rapat online hingga menikmati hiburan, berjalan dengan baik tanpa ngelag. Kami juga mencoba membuka dan beralih ke beberapa tab di Chrome dapat dilakukan dengan lancar.

Kami coba menguji kemampuan dengan Geekbench 6. Untuk single-core mendapatkan core 726, sedangkan multi-core mencetak 3.447. Sedangkan uji Cinebench, skor single core mendapat 1.313. Untuk multi care meraih skor 7.357

Asus VivoBook Pro 14 OLED dilengkapi dengan baterai 50 Whrs yang menawarkan masa pakai baterai sekitar 7 hingga 8 jam dengan sekali pengisian daya. Selain itu, laptop ini menawarkan dukungan pengisian daya cepat 90W, memungkinkan kita mengisi penuh daya perangkat dalam waktu kurang dari 2 jam.

Baca Juga:  PS5 Pro Berhentikan Rilis, Sony Akan Fokus Kembangkan PS6