Internasional

Korut Pamer Rudal Hwasong-17 Yang Mengambil Foto Bumi Dari Luar Angkasa

Korea Utara (Korut) mengungkapkan pada Jumat (17/3/2023) bahwa peluncuran rudal balistik antarbenua Hwasong-17 baru-baru ini diawasi langsung oleh Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan putrinya, yang sebelumnya tampil di peluncuran. Korut berulang kali mengecam Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) karena meningkatkan ketegangan di kawasan itu.

Pyongyang mempersoalkan latihan militer bersama yang berkelanjutan yang dianggap Pyongyang sebagai ancaman terhadap kedaulatannya. Media pemerintah telah mengindikasikan uji tembak hari Kamis dipandu secara pribadi oleh Kim dan dilakukan sebagai tanggapan atas latihan militer bersama yang sedang berlangsung oleh AS dan negara tetangga Korea Selatan.

“(Peluncuran dilakukan) dalam situasi genting di mana lingkungan keamanan yang paling tidak stabil diciptakan di Semenanjung Korea karena latihan perang skala besar yang panik, provokatif, dan agresif yang dilakukan oleh AS dan boneka pengkhianat Korea Selatan, ” tulis Kantor Berita Pusat Korea. Foto-foto peluncuran sejak itu muncul secara online yang menunjukkan Kim menonton acara tersebut, dengan beberapa gambar tampaknya berasal dari kamera yang dipasang di atas rudal.

Menawarkan spesifikasi peluncuran ICBM, outlet merinci bahwa proyektil jarak jauh mencapai ketinggian maksimal 6.045 kilometer dan terbang sejauh 1.000,2 kilometer hanya di bawah 70 menit.

Proyektil akhirnya mendarat di perairan terbuka Laut Jepang. “Latihan tersebut mengkonfirmasi kesiapan perang unit ICBM dan militansi luar biasa dari pasukan strategis (Republik Rakyat Demokratik Korea) dan secara ketat memverifikasi keandalannya,” kata media pemerintah. Lebih lanjut dinyatakan bahwa Kim telah menyatakan “sangat puas” setelah mengamati peluncuran uji coba.

Peluncuran Korea Utara pada Kamis dilakukan bersamaan dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dijadwalkan mengadakan pembicaraan tingkat presiden. Segera setelah uji tembak, Jepang dan Korea Selatan mengeluarkan teguran keras, dengan Yoon dilaporkan memberi tahu para pejabat pada pertemuan Dewan Keamanan Nasional bahwa Korea Utara “pasti akan membayar untuk provokasi yang sembrono.”

Baca Juga:  Polisi Israel Menyerang Masjid Al Aqsa Hingga Rapat Darurat Liga Arab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *