Teknologi

Keunggulan Dari Web 3.0 Bagi Pengguna Internet

Web 3.0 dikenal sebagai Web3. Web3 merupakan generasi ketiga dari World Wide Web. Generasi ketiga ini boleh disebut sebagai versi internet masa depan seperti blockchain, Machine learning, dan mata uang kripto.

Dilansir dari laman blog Indodax dan GameLab, Sabtu (18/3), web 3.0 secara definisi juga bisa diperluas menjadi data yang saling berhubungan dengan cara yang terdesentralisasi di mana data sebagian besar disimpan dalam repositori terpusat. Kemudian, pengguna dan mesin nantinya bisa berinteraksi dengan data.

Lalu, apa keunggulan web 3.0 dibandingkan dengan web 1.0 dan 2.0? Web 3.0 digadang-gadang memiliki sistem keamanan yang canggih. Artinya, akan sangat sulit penjahat siber menembus pagar keamanan web 3.0. Pasalnya, web 3.0 memiliki sistem yang terenkripsi dan terdesentralisasi.

Maka itu, tak heran beragam perusahaan mulai berlomba-lomba membuat atau membangun Web3.0. Perusahaan-perusahaan besar itu di antaranya Google, Amazon, dan Apple.

Walau disebut anti hacker, bukan berarti Web 3.0 tak punya kelemahan. Justru karena sistem yang sempurna itu, Web 3.0 dapat digunakan sebagai media transaksi ilegal. Orang lain tak akan pernah bisa melacak identitas pelaku transaksi illegal itu. Kita hanya bisa melacak transaksi secara tanpa mengetahui siapa pelaku di balik transaksi tersebut.

Baca Juga:  Samsung Sedang Merencanakan Untuk Mengganti Google Dengan Bing