Teknologi

Internet Mati Saat Hari Raya Nyepi Di Bali

Layanan data seluler dan Internet Protocol Television (IPTV) bakal dimatikan pada saat Hari Raya Nyepi Saka 1945 besok, Rabu (22/3). Simak jadwal lengkapnya. Pemadaman jaringan internet ini terkait dengan pelaksanaan ajaran Catur Brata Penyepian pada puncak Hari Suci Nyepi, yang terdiri dari Amati Geni (tak menyalakan lampu), Amati Karya (tak beraktivitas), Amati Lelungan (tak bepergian), dan Amati Lelanguan (tidak bersenang-senang).

“Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, layanan data seluler dan IPTV juga akan dimatikan pada saat Hari Raya Nyepi,” kata Gede Pramana, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali, dalam keterangannya, Sabtu (18/3).

Ia memerinci penonaktifan layanan seluler dan IPTV ini akan dimulai pada Rabu (22/3) mulai pukul 06.00 WITA hingga Kamis (23/3) pukul 06.00 WITA. “Ini artinya seluruh layanan data seluler di handphone akan dimatikan,” ucap dia. Namun, Gede mengungkap jaringan internet tetap nyala di sejumlah objek vital.

Contohnya, rumah sakit, kantor kepolisian, militer, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas, bandara, pemadam kebakaran.

Kebijakan ini berdasarkan Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2023 tentang imbauan untuk melaksanakan seruan Pemprov Bali tahun 2023 tanggal 16 Maret 2023.

Selain itu, ada seruan bersama majelis-majelis agama dan lembaga sosial keagamaan Pemprov Bali tahun 2023 tentang pelaksanaan rangkaian Hari Raya Suci Nyepi, tertanggal 13 Maret 2023.

Meski demikian, Gede menyatakan layanan telepon, SMS, dan fiber optic tetap dapat digunakan selama Hari Raya Nyepi guna memudahkan masyarakat jika pada saat Hari Raya Nyepi memerlukan layanan khususnya yang bersifat darurat.

Baca Juga:  Rekomendasi HP Murah Memori Lega, Infinix HOT 12

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *