Nasional

Imbas Dari Perbaikan Jembatan, Pemkot Menutup Jalan Otista Bogor

Pemkot menutup Jalan Otista, Kota Bogor, imbas revitalisasi jembatan mulai Senin malam kemarin hingga Desember 2023. Masih banyak warga dan pengendara yang kebingungan untuk mencari jalan alternatif. Pantauan detikcom di lokasi, tampak masih banyak pengendara yang masih kebingungan. Warga mengaku tidak mengetahui ada pengalihan arus imbas penutupan Jalan Otista. Beberapa pengendara nampak mendatangi petugas Dishub dan kepolisian yang berjaga di lokasi untuk mencari informasi.

“Ya kaget juga, kalau saya memang nggak tahu jalannya ditutup. Saya bingung lewat mana. Makanya tadi telepon Bos, sama tanya ke orang Dishub itu depan. Ternyata saya harus putar arah ini,” kata sopir mobil boks yang hendak mengantar barang ke Pasar Bogor saat ditemui, Selasa (2/5/2023). Hal serupa diungkap Wawan Heru. Warga Ciluar, Kota Bogor, ini mengaku tidak tahu karena tidak mendapat informasi detail.

“Saya tahu ada penutupan, tapi saya masih bingung jalurnya. Tadi saya kira kalau mau ke Pasar Bogor bisa lewat Sempur, ternyata sekarang lewat Sukasari,” ucap pemotor bernama Wawan. Diketahui, Jalan Otista ditutup secara berlapis. Penutupan lapis pertama dilakukan di titik nol atau sekitar 300 meter dari jembatan yang akan direvitalisasi. Penutupan di titik ini dilakukan untuk menghalau kendaraan yang datang dari arah Baranangsiang atau Tol Jagorawi via GT Bogor.

Pengendara yang semula masuk ke Jl Otista hingga Stasiun Bogor kini harus kembali ke Jl Pajajaran setelah Tugu Kujang dan melewati RS PMI, yang berlaku dua arah. Penutupan lapis kedua dilakukan di simpang Jl Bangka menuju belakang Terminal Baranangsiang. Meski ditutup untuk kendaraan, jalur tetap dibuka untuk akses siswa SD Negeri Bangka, yang berada tepat di Jl Otista. Ruas Jl Pajajaran sekitar RS PMI atau jelang Tugu Kujang yang semula satu arah kini diubah jadi dua arah karena penutupan Jl Otista. Imbasnya, arus lalu lintas di Jl Jalak Harupat mengalami kemacetan.

Baca Juga:  Usai Ditinggal Kakaknya, Dua Balita Ditemukan Tenggelam Di Rolak Surabaya

Kondisi serupa juga terjadi di Jl Pajajaran jelang Simpang Pangrango. Kemacetan terjadi karena tingginya volume kendaraan yang kini melintasi Jl Pajajaran imbas penutupan Jl Otista. Jalan Otista, Kota Bogor, ditutup mulai Senin (1/5) pukul 21.00 WIB. Penutupan dilakukan hingga Desember 2023 karena proses revitalisasi jembatan di Jl Otista dimulai. “Atensi seluruh jajaran, saat ini penutupan Jalan Otista dan rekayasa lalulintas dimulai,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya, Senin (1/5) malam.