1.3 C
New York
Kamis, November 30, 2023

Frostbite: Apa Itu?

BENGKELSASTRA – Frostbite adalah kondisi medis yang disebabkan oleh kontak yang terlalu lama dengan suhu yang sangat rendah, terutama pada bagian tubuh yang terbuka seperti tangan, kaki, hidung, dan telinga.

Panas berlebih dapat menyebabkan tubuh membeku, yang dapat merusak permukaan kulit, saraf, pembuluh darah, bahkan tulang. Menurut Mayo Clinic (mayoclinic.org), suhu yang paling sering dikaitkan dengan radang dingin adalah di bawah titik beku, yaitu di bawah 0 derajat Celcius (32 derajat Fahrenheit).

Selama musim panas ini, pembuluh darah dan kulit tersumbat untuk mengurangi kehilangan panas dan menjaga suhu tubuh. Namun, saat paparan berlanjut, aliran darah ke area yang terkena berkurang, menyebabkan kerusakan jaringan yang parah.

Gejala awal frostbite radang dingin meliputi rasa tidak nyaman, gatal, kemerahan, dan kulit pucat atau abu-abu di area yang terkena. Menurut Klinik Cleveland (clevelandclinic.org), saat kondisinya memburuk, kulit bisa membengkak, mengeras, dan menjadi hitam atau kebiruan.

Pada kasus yang lebih parah, kerusakan jaringan yang parah dapat terjadi, termasuk nekrosis (kematian jaringan) dan pembentukan borok atau keropeng.

Beberapa risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya radang dingin antara lain paparan suhu rendah dan angin kencang, aktivitas di lingkungan dingin tanpa perlindungan yang memadai seperti selimut atau pelindung, kelembapan tinggi, konsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang yang dapat mengganggu. persepsi suhu tubuh dalam kondisi medis tertentu seperti diabetes atau sirkulasi yang buruk.

Menurut Rumah Sakit Anak Internasional, pengobatan untuk radang dingin melibatkan aplikasi panas yang hati-hati ke daerah yang terkena, tetapi ini harus dilakukan oleh seorang profesional medis.

Suhu tubuh harus dinaikkan secara perlahan menggunakan metode seperti berendam dalam air hangat atau menggunakan kompres hangat.

Baca Juga:  Wanita Mabuk Yang Membunuh Ayah Kandungnya Mengaku Bahwa Itu Adalah Kesalahan Dan Itu Adalah Kehendak Tuhan

Perawatan medis lainnya mungkin termasuk obat pereda nyeri, perawatan luka, dan antibiotik untuk mencegah infeksi. Pencegahan radang dingin sangat penting, terutama di lingkungan yang dingin.

Menurut National Health Service (NHS) Inggris, beberapa tindakan pencegahan termasuk mengenakan pakaian yang cukup untuk melindungi tubuh dari hawa dingin, menggunakan topi dan sarung tangan, memastikan perlindungan seperti sepatu dan kaus kaki tahan air, untuk menghindari paparan dingin yang ekstrem.

suhu bila memungkinkan, dan hindari konsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang sebelum berada di luar ruangan dengan suhu rendah.

berita SERUPA

Terbaru