Berita UtamaInternasional

Dua Orang Warga Rusia Ditangkap Menyebarkan Propaganda Wagner Group

bengkelsastra.com – Dua orang Rusia telah ditahan dan didakwa melakukan spionase dengan tuduhan menyebarkan propaganda di dua kota Polandia atas nama tentara bayaran dari Grup Wagner. Kedua orang Rusia itu menjatuhkan sekitar 300 selebaran di atas Krakow dan Warsawa, menurut Menteri Dalam Negeri Polandia Mariusz Kaminski. Mereka memiliki sekitar 3.000 item propaganda pro-Wagner, termasuk yang ini.
Kaminski menyatakan di platform perpesanan X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, “Keduanya didakwa dengan spionase, antara lain.”.

Tentara bayaran dari Wagner telah bertindak sebagai pasukan kejutan di Ukraina dan meningkatkan kehadiran mereka di sana. Yevgeny Prigozhin, kepala Grup Wagner, memimpin pemberontakan yang gagal melawan perwira senior militer Rusia pada bulan Juni.

Menurut perdana menteri Polandia, tentara Wagner telah memulai pelatihan bersama pasukan Belarusia dan bergerak menuju sayap timur NATO dalam upaya untuk melemahkan aliansi militer tersebut. Tersangka yang ditahan, yang hanya diberi nama Aleksiej T. dan Andriej G. pihak berwenang di Rusia membayar pekerjaan mereka dan meminta mereka memotret situs yang telah mereka rusak dengan propaganda.

“Secara total, mereka menerima hingga 500.000 rubel (USD4.930) untuk tugas yang ditugaskan,” kata Kaminski.

Menurut kantor pers, mereka dituduh terlibat dalam “kegiatan intelijen asing melawan Polandia,” merekrut tentara bayaran yang ilegal menurut hukum internasional, dan mempromosikan nama dan simbol yang mendukung agresi Rusia di Ukraina.

Baca Juga:  Seorang Guru Di Florida AS Dipecat, Menugaskan Murid Tulis Surat Kematian