Internasional

Dampak Mengerikan Dari Lubang Yang Ada Di Dasar Laut Pacific Northwest

Di atas patahan Zona Subduksi Cascandia, sesar yang terletak di Pacific Northwest, ditemukan kebocoran misterius dari luang di dasar lautan. Lubang itu mengeluarkan cairan yang menuju ke atas. Berdasarkan penjelasan dari University of Washington, dikutip Bengkelsastra dari Yahoo News, kebocoran tersebut awalnya ditemukan pada tahun 2015 dan diberi nama Oasis Pythia.

Riset baru yang dimuat jurnal Science Advances menunjukkan cairan yang keluar dari kebocoran adalah sejenis pelumas tektonik. Yang menyeramkan, bocornya cairan ini ke laut bisa menimbulkan bencana di patahan Zona Subduksi Cascadia itu.

Berdasarkan perhitungan baru, diyakini air yang merembes melalui kebocoran di lautan itu kemungkinan berasal dari megathrust Cascadia, yang suhunya diperkirakan mencapai 300 hingga 500 derajat Fahrenheit. Airnya sendiri lebih hangat dari suhu di sekitarnya. Hilangnya cairan itu dapat menurunkan tekanan cairan yang kemudian dapat menyebabkan gesekan antara lempeng tektonik samudra dan benua.

Dalam istilah lebih sederhana, hal itu dapat menyebabkan lempeng tektonik di bawah lautan dan di bawah benua Amerika terkunci, menimbulkan tekanan yang pada akhirnya mengakibatkan gempa bumi. Meskipun ini adalah kebocoran pertama dari jenisnya yang terdeteksi di lautan, para peneliti mengatakan kebocoran lain mungkin ada, bahkan mungkin saja berada di dekatnya.

Zona Subduksi Cascadia dikenal dengan salah satu gempa bumi terbesar yang pernah dialami dunia, itulah sebabnya para ilmuwan mengkhawatirkan kebocoran tersebut. Harapannya, kebocoran ini bisa memberi pengetahuan lebih banyak tentang cara kerja lempeng tektonik, bidang studi yang masih terbilang baru bagi para peneliti.

Baca Juga:  Ariana Grande Dan Dalton Gomez Dikabarkan Telah Berpisah Sejak Januari 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *